Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Setrika Tidak Panas dan Solusinya yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Saat terburu menggunakan baju untuk acara tapi lupa untuk menyetrika tentu akan membuat panas setrika tidak maksimal dalam waktu sekejap. Setrika merupakan salah satu barang yang wajib di miliki dan termasuk peralatan rumah tangga yang paling berguna untuk mengatasi baju yang kusut atau tidak rapi.

Beberapa setrika yang digunakan dan jarang diperhatikan dengan baik biasanya akan membuat mereka bekerja dengan tidak baik seperti yang seharusnya. Seperti setrika yang tak kunjung panas atau kabel setrika yang rusak dan membuat kita kesulitan untuk menyetrika.

Padahal pemanas merupakan salah satu tugas utama yang dilakukan setrika untuk membuat baju menjadi lebih rapi. Jika mengetahui setrika yang kita gunakan tidak panas tentu akan membuat kita kesal, hal ini tentu menjadi masalah pada bagian setrika yang kamu gunakan. Nah berikut beberapa penjelasan dan penyebab tentang setrika yang tak kunjung panas:

1. Pengaturan Setrika yang Salah

Penyebab : Alasan yang paling umu mengapa setrika yang kamu gunakan tak kunjung memanas adalah pengaturan yang kamu gunakan salah. Terkadang hal ini dikarenakan pengaturan yang salah dan akan membuat setrika mungkin tak cukup panas dan perlu diperbaiki.

Solusi : Kamu perlu memeriksa setelah setrika karena memiliki kenop yang dapat disesuaikan yang mengontrol suhu serta mengatur jenis bahan yang ingin kamu setrika. Bahan pakaian yang berbeda tentu membutuhkan suhu dan pengaturan yang berbeda. Pastikan kamu mengatur kenop dengan berhati-hati dan benar.

2. Masalah dengan Steker Besi

Penyebab : Kemungkinan penyebab lain dari setrika tidak memanas adalah steker besi yang rusak, terkadang steker utama akan merusak dan berhenti bekerja.

Solusi : Untuk memeriksanya, letakkan di titik yang berbeda dan lihat apakah setrika memanas setelah dinyalakan. Jika iya, maka masalahnya mungkin pada titik daya asli dan jika tidak stekernya mungkin rusak.

3. Apakah Penampung Airnya Kosong?

Penyebab : Hal lain yang perlu kamu periksa untuk memeriksa mengapa setrika yang kamu gunakan tidak memanas adalah tempat penampungan air. Dalam beberapa kasus, jika penampungan air kosong maka mesin press besi tidak memanas seperti yang seharusnya.

Solusi : Kamu perlu mematikan setrika dan pastikan sudah dingin. Nyalakan lagi dan isi air di reservoir, kemudian cobalah utuk menyetrika apakah panasnya pas atau tidak. 

4. Kerak Kapur di Tapak Setrika

Penyebab : Salah satu alasan setrika tidak memanas bisa jadi adanya penumpukan serta endapan kerak kapur di tapak setrika. Endapan ini dapat menyumbat pelat dan setrika tidak akan panas atau menghasilkan uap dengan baik.

Solusi : Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu mematikan setrika dan membiarkannya hingga dingin. Kemudian periksa tapak setrika dan cari endapan berkerak yang menutupi ventilasi di dalamnya. Lap tapak setrika menggunakan kain dingin dan lembab yang telah dicelupkan ke dalam panci yang berisi cuka putih.  

Selain beberapa penyebab dan solusi lainnya diatas, kamu perlu memastikan kabel setrika mauk ke stopkontak yang berfungsi. Jika kamu menggunakan kabel ekstensi, periksa apakah kabel tersebut tidak berfungsi.

Selain itu kamu perlu mematikan kabel daya dan pastikan tidak rusak dan memastikan kenop pengaturan suhu diatur dengan benar. Setrika juga membutuhkan perawatan yang baik dan benar, seperti kenop dan kabelnya yang perlu kamu perhatikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading