Sukses

Lifestyle

Wakili Indonesia, Aktivis Sosial Butet Manurung Terpilih Jadi Figur Barbie Terbaru

Fimela.com, Jakarta Menyambut Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret, Barbie rilis 12 boneka perempuan panutan dari seluruh dunia. Para perempuan pilihan Barbie itu terdiri dari berbagai industri seperti pendidikan, kesehatan, teknologi, hiburan, dan lainnya.

Salah satu dari 12 perempuan inspiratif pilihan perusahaan Amerika Serikat, Mattel tersebut merupakan perempuan asal Indonesia, yaitu Butet Manurung. Dia terpilih menjadi salah satu panutan global yang dibuatkan figur oleh boneka Barbie.

Seperti yang diketahui, Butet Manurung adalah seorang aktivis sosial, antropolog dan pelopor pendidikan alternatif untuk masyarakat adat. Butet juga merupakan pendiri Sokola rimba, sekolah yang mengajarkan baca-tulis bagi anak-anak suku Anak Dalam di kawasan konservasi Taman Nasional Bukit Duabelas atau TNBD, Jambi, Sumatera Selatan.

Sosoknya yang inspiratif di bidang pendidikan inilah yang menjadi alasan Mattel memilih Butet Manurung untuk jadi figur boneka Barbie yang terbaru.

 

Potret Figur Barbie Butet Manurung

Boneka Barbie Butet Manurung ditampilkan dalam balutan busana daerah. Dia tampak memakai atasan model kemben motif batik warna merah dipadu dengan kain jarik batik warna hitam.

Boneka tersebut juga memakai kalung dari biji asoka yang menjadi ciri khas penampilan Butet. Rambutnya ditata ala bun yang juga tatanan rambut ikal Butet, selain digerai dan dikuncir ke belakang.

Dalam akun Instagramnya, Butet mengaku sangat tersanjung karena terpilih menjadi salah satu dari 12 Model Peran Global Barbie dan mewakili multikulturalisme Indonesia. Butet berharap agar semua anak perempuan di seluruh dunia percaya pada diri sendiri dan berani mewujudkan cita-cita.

“Harapan saya kepada semua gadis muda untuk percaya pada diri mereka sendiri, bahwa kamu bisa menjadi apapun yang kamu impikan, apapun.. mengutip Paulo Coelho, ‘ Ketika kamu menginginkan sesuatu, seluruh alam semesta berkonspirasi untuk membantumu mencapainya’,” kata Butet.

Figur Pertama Barbie Asal Indonesia

Selain Butet, tokoh perempuan panutan lain yang dijadikan boneka Barbie adalah Shonda Rhimes, Ari Horie, Pat McGrath, Melissa Sariffodeen, Adriana Azuara, Doani Emanuela Bertain, Jane Martino, Lan Yu, Sonia Peronaci, Tijen Onaran dan Lena Mahfouf.

Butet juga bukan orang pertama yang terpilih jadi figure Barbie. Sebelumnya, desainer kebaya Indonesia Anne Aventie turut dipilih sebagai boneka One of A Kind Barbie Role Model. Anne Avantie menjadi orang Indonesia pertama yang dipilih Mattel untuk dibuatkan figur boneka Barbie.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading