Sukses

Lifestyle

Kisah Inspiratif Seorang Gladys West, Sosok di Balik Terciptanya Teknologi GPS

Fimela.com, Jakarta Perempuan adalah makhluk yang kuat, mandiri dan tangguh. Mereka bukanlah makhluk yang lemah. Setiap perempuan memiliki kekuatan dan kemauan yang luar biasa dalam diri mereka. Inilah beberapa alasan mengapa perempuan jauh lebih kuat dari yang dikira.

Perjuangan dan kesukaran seringkali membuat orang lemah. Namun tidak demikian halnya dengan perempuan. Perempuan menghadapi kesulitan sepanjang hidup mereka, baik secara profesional maupun pribadi. Tetapi alih-alih membiarkan masa-masa sulit ini menghampiri mereka, mereka menerimanya dengan tenang dan menanganinya dengan penuh keyakinan. Perempuan juga mampu membawa perubahan untuk masa depan yang lebih baik. Seperti halnya Gladys West seorang perempuan yang mengembangkan tekologi GPS.

Melansir dari share.america.gov (8/3), West yang berusia 87 tahun merupakan seorang pensiunan ahli matematika yang tinggal di Timur Laut Virginia. Angkatan Laut AS, mengakui peran pentingnya dalam pengembangan tekonlogi GPS ini.  

Sejak tahun 1956 hingga memasuki masa pensiun pada 1998, West bekerja bersama dengan sekelompok teknisi di markas AL di Dahlgren, Virginia. Dia merekam lokasi satelit dan melakukan penghitungan matematika kompleks yang menghasilkan sebuah sistem yang amat tepat dalam menentukan posisi geografis.

Kontribusinya belum lama ini dipuji oleh temannya semasa kuliah, Gwendolyn James. Sebagai sesama anggota perkumpulan perempuan Alpha Kappa Alpha, James mengetahui hasil kerja West yang revolusioner melalui pernyataan autobiografi singkat yang disampaikan West dalam sebuah acara perkumpulan.

Memulai Karier Sebagai Seorang Guru Matematikan, West Menciptakan Teknologi yang Bermanfaat

James membagikannya pada Associated Press, dan kini West menerima pengakuan yang pantas didapatnya sedari dulu sebagai seorang perintis. West mampu mengubah hidup semua orang untuk jangka panjang. Semua orang dan bidang tentu menggunakannya.

West menimba ilmu di Virginia State University dengan beasiswa penuh dan bekerja sebagai guru matematika selama dua tahun sebelum meraih gelar magister. Saat direkrut oleh markas AL pada 1956, dia merupakan satu dari hanya empat pegawai Afrika-Amerika di sana.

Dalam sebuah wawancara dengan ShareAmerica, West mengenang proyek satelit datanya pada masa awal dan berkata bahwa dia senang bekerja dengan para teknisi dan peneliti pada 1950-an dan 60-an karena mereka menangani masalah nyata yang dihadapi negaranya. Dia menambahkan bahwa para koleganya adalah para ahli di bidangnya dan mampu melihat apa yang dibutuhkan kehidupan di masa depan.

Kisah Inspiratif Seorang Gladys West Pencipta Tekonologi GPS

Pencapaian West diakui oleh Kapten AL AS Godfrey Weekes, seorang mantan perwira di Naval Surface Warfare Center Dahlgren Division, dalam sebuah pesan yang ditulisnya pada 2017 tentang Black History Month.

West tetap aktif di masa pensiunnya. Pada tahun 2000, dia menerima gelar doktor dalam bidang administrasi publik dari Virginia Polytechnic Institute, yang akrab disebut Virginia Tech.

Dia tidak menyangka bahwa teknologi yang dia ciptakan kini digunakan semua orang di seluruh dunia. Tentu ini menakjubkan, melihat tekonolgi GPS mengubah pemikiran dan kapabilitas dunia, terutama dalam bidang perjalanan. Namun West mengakui bahwa dia dan suami masih beradaptasi untuk menggunakan GPS di mobil mereka.

Well, pengalaman seorang Gladys West tentu sangat mengisnpirasi, kita. Yuk, jadilah perempuan yang mandiri, pemberani dan membawa perubahan untuk masa depan yang lebih baik.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading