Sukses

Lifestyle

Komunitas Rahasia Gadis, Ciptakan Support System dan Dukung Perempuan Muda Jadi Lebih Berdaya

Fimela.com, Jakarta Perempuan kerap kali dihadapkan oleh berbagai tantangan dalam kehidupan. Mulai dari pelanggaran hak, kekerasan berbasis gender, stigma, hingga diskriminasi. Hal tersebut tak jarang membuat para perempuan merasa rendah diri dan tak berdaya.

Oleh karena itu, diperlukan dukungan atau support system dari sesama untuk dapat saling menguatkan, berbagi pikiran dan perasaan juga memupuk keberanian. Tidak hanya selalu berasal dari lingkungan keluarga atau teman terdekat, support system juga bisa kita temukan lewat komunitas. Salah satunya melalui komunitas Rahasia Gadis.

Rahasia Gadis merupakan komunitas pemberdayaan perempuan muda yang memiliki empati, mempraktikkan self love, dan mengapresiasi keberagaman. Rahasia Gadis mengawali perjalanannya pada tahun 2014 lewat akun Instagram @Rahasiagadis yang kerap berbagi tips ringan seputar kebutuhan perempuan.

Namun seiring berjalannya waktu, para Co-founder Rahasia Gadis, Valencia Tania, Adelle Tanuri, dan Dhika Himawan menyadari adanya kapabilitas untuk membentuk komunitas. Komunitas ini pun terus berkembang hingga saat ini. Akun Instagram Rahasia Gadis bahkan memiliki 3,3 juta pengikut.

 

Membentuk Komunitas untuk Jadi Support System Perempuan

Hadirnya komunitas Rahasia Gadis diawali dari para perempuan muda yang hampir setiap hari menceritakan permasalahannya lewat “Confession Room”. Sebagai informasi, Confession Room merupakan tempat curhat para perempuan untuk mencurahkan cerita dan masalah mereka dalam platform online.

Dalam Confession Room tersebut, Rahasia Gadis menemukan berbagai masalah yang dialami oleh para perempuan muda di Indonesia. Yang paling utama adalah relationship, kepercayaan diri, kekerasan seksual, hingga kesehatan mental.

Melalui komunitas Rahasia Gadis, Adelle dan Dhika berharap para perempuan muda Indonesia memiliki support system dan mengetahui bahwa mereka berharga, mereka memiliki hak, dan mereka memiliki kekuatan.

“Rahasia gadis awalnya hanya sekedar akun Instagram untuk sharing tips seputar kecantikan saja, tetapi setelah adanya confession room dan kami menerima banyak cerita tentang permasalahan perempuan, kami merasa memiliki kapabilitas untuk berkembang dan bertransformasi menjadi sebuah komunitas dan memiliki misi untuk membantu mereka know they worth, know they rights, dan know they power,” ujar Dhika Himawan saat diwawancarai langsung oleh FIMELA.

Ajak Menjadi Support System untuk Sesama

Demi memberikan bantuan yang lebih baik, Rahasia Gadis juga bekerja sama dengan psikolog Universitas Indonesia (UI) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar psikologi dan juga menyediakan konseling gratis bagi yang membutuhkan bantuan professional terkait kesehatan mental mereka.

Selain itu, lewat komunitas ini Rahasia Gadis juga menghadirkan pelatihan leadership yang bertujuan agar para perempuan Indonesia bisa menjadi pemimpin dalam lingkungannya sendiri dan menjadi support system yang baik bagi orang di sekitarnya.

“Kami ingin para Gadis bisa saling menguatkan dan menjadi support system perempuan lainnya di daerah mereka. Makanya waktu itu kita buat campaign #DariGadisKeGadis. Rahasia Gadis juga memiliki Gadis Leaders di mana mereka memimpin rahasia Gadis Clubs dan mereka juga yang merekrut, mengedukasi dan menjadi support system kepada member-member mereka yang disebut sebagai agen rahasia,” kata Adelle.

“Karena kita tidak bisa sendiri, kita tidak mungkin bisa menjangkau Gadis di seluruh Indonesia. Melalui komunitas ini, diharapkan para gadis bisa menjadi perpanjangan Rahasia Gadis untuk menjadi support system di daerah mereka,” tambah Dhika.

Serukan Kampanye #KamuBerharga

Memperingati Hari Perempuan Sedunia pada tanggal 8 Maret, Rahasia Gadis meluncurkan kampanye bertajuk #KamuBerharga. Sebuah kampanye yang diinisiasi oleh Rahasia Gadis sebagai dukungan bagi perempuan, khususnya mereka yang menjadi korban kekerasan dalam berbagai bentuk.

Mulai dari kekerasan emosional, kekerasan fisik, kekerasan finansial, dan juga kekerasan daring (online). Sebab, menurut survei dari Komnas Perempuan menunjukkan adanya kenaikan 15% kekerasan terhadap perempuan sejak tahun 2019 dan dua kali lebih banyak jumlah kasusnya sejak tahun 2020.

Melalui kampanye ini, Rahasia Gadis berharap bisa menjadi pengingat bagi jutaan perempuan bahwa mereka berharga, mereka memiliki hak yang harus diperjuangkan, dan memiliki kekuatan yang luar biasa.

“Kampanye ini juga dimulai dari mendengarkan cerita gadis-gadis di Confession Room yang mengalami kekerasan dalam berbagai bentuk. Dengan adanya kampanye ini, diharapkan bisa menjadi pengingat bagi mereka, bahwa mereka sangat berharga,” ujar Dhika.

Foto Challange #KamuBerharga

Kampanye #KamuBerharga dimulai pada tanggal 8 Maret 2022, di mana gadis-gadis Indonesia mengunggah foto mereka di media sosial dengan tulisan #KamuBerharga.  Beberapa publik figur perempuan ternama juga ikut serta, seperti Najwa Shihab, Cinta Laura, Luna Maya, Greysia Polii, Nagita Slavina dan banyak lagi.

Setiap orang yang mengikuti foto challenge ini, Rahasia Gadis akan mendonasikan Rp10 ribu ke Yayasan Indonesia untuk Kemanusiaan dalam Program Pundi Perempuan.

Selain foto challenge, Rahasia Gadis akan menyelenggarakan Live Instagram setiap minggunya dengan menghadirkan narasumber-narasumber untuk membahas seputar bentuk-bentuk kekerasan.

Kampanye #KamuBerharga ini akan berlangsung sampai 20 April 2022 dengan puncak acara berupa live streaming yang akan disiarkan melalui Instagram dan YouTube. Lewat acara ini, Rahasia Gadis akan mengundang beberapa narasumber untuk mengedukasi para perempuan Indonesia mengenali hak dan kekuatan, sekaligus melawan kekerasan.

“Kampanye ini diharapkan tidak hanya berhenti di photo challenge. Tetapi seluruh perempuan Indonesia bisa mengubah mindset mereka dan percaya bahwa mereka berharga,” imbuh Dhika.

 

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading