Sukses

Lifestyle

5 Cara Tetap Menjadi Perempuan Bahagia meski Merasa Tidak Dicintai

Fimela.com, Jakarta Merasa tidak dicintai bisa menjadi salah satu perasaan yang paling tidak nyaman. Kita merasa tidak berharga. Merasa seakan kita tak bisa menjadi perempuan yang sempurna. Bahkan saat kita merasa tidak dicintai oleh seseorang atau orang yang kita harapkan, rasanya dunia ini jadi tak berwarna lagi.

Walau kita merasa tidak dicintai dengan layak atau sesuai harapan, kita tetap bisa bahagia. Kita bisa tetap bahagia dengan cara kita sendiri. Menyadari bahwa kita tak bisa memaksa semua orang untuk mencintai kita dengan seutuhnya, kita tak perlu terlalu keras pada diri sendiri. Kita tetap bisa jadi perempuan bahagia dengan cara dan langkah-langkah awal paling sederhana.

 

1. Sadari bahwa Diri Kita Berharga

Tak harus menunggu dicintai oleh seseorang untuk membuat kita bahagia. Kita tetap seseorang yang berharga. Kita terlahir ke dunia ini karena kita punya peran tersendiri. Diri kita berharga apa adanya, sebab diberi sebuah kehidupan sudah menjadi bukti bahwa kita punya makna di dunia ini.

 

2. Rasakan Satu Keindahan Setiap Hari

Matt Haig dalam bukunya, The Comfort Book, memaparkan, "Rasakanlah satu keindahan setiap hari. Sekecil apa pun. Seremeh apa pun." Ya, kita bisa menciptakan kebahagiaan kita sendiri dengan merasakan satu keindahan tiap harinya. Hal-hal sederhana dan paling remeh sekali pun bisa menghadirkan kebahagiaan kita bila kita cukup peka dan sadar untuk menemukan keindahannya.

 

 

3. Terima Semua Rasa Tak Nyaman

Merasa tidak dicintai mungkin membuat kita sedih, kecewa, dan gelisah. Terima semua perasaan itu. Terima semua rasa tak nyaman yang ada. Menangis dan bersedih pun boleh saja sebab semua perasaan dan emosimu itu valid apa adanya. Rasa kecewa butuh waktu untuk bisa pudar dan menghadirkan rasa tenang. Jadi, izinkan diri untuk merasakan semua emosi dan perasaan yang ada.

 

4. Beri Hadiah untuk Diri Sendiri

Mungkin bagi yang belum terbiasa, agak aneh rasanya jika memberi hadiah atau kejutan untuk diri sendiri. Namun, hal ini bisa dilakukan sebab diri kita berhak bahagia dengan cara yang paling kita suka dan inginkan. Kita layak dicintai seutuhnya oleh diri sendiri. Yakinlah akan ada perasaan menyenangkan saat kita bisa lebih menyayangi diri sendiri.

 

5. Cintai Semuanya dan Segalanya

Daripada capek menuntut untuk dicintai, mending gerakkan hati untuk mencintai semuanya dan segalanya. Syukuri semua yang ada. Pertahankan yang sudah dan selalu ada. Dengan begini, kita akan bahagia dan membuat hidup jadi lebih berwarna.

Jadi, sudah siap untuk bahagia hari ini? Semoga kita semua bisa menemukan kebahagiaan dan menjalani hidup ini dengan hati yang lebih lapang.

 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading