Sukses

Relationship

5 Cara Mengatasi Rasa Insecure saat Merasa Tidak Dicintai

Fimela.com, Jakarta Salah satu jenis perasaan yang paling menyakitkan adalah saat kita merasa tidak dicintai. Ketika kita berusaha untuk mencintai seseorang dengan setulus hati, tapi ternyata dia tidak mencintai kita maka hati kita akan merasa kecewa dan terluka. Kita akan merasa insecure saat mengalami cinta sepihak atau cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Tidak hanya terbatas dalam hubungan asmara, dalam hubungan dengan saudara, keluarga, hingga dengan sahabat, saat ada perasaan sayang kita yang ternyata tidak ditanggapi dengan baik, kita pun akan merasa insecureKita bisa merasa tidak berguna dan terasingkan. Bahkan seakan merasa diri kita tak pernah layak untuk dicintai. Namun, kita masih perlu menjalani hidup dengan hati yang penuh cinta di dalam diri.

1. Bersedih Secukupnya untuk Meringankan Perasaan

"If you’re searching for that one person that will change your life, take a look in the mirror."

Izinkan diri kita bersedih jika kita merasa ada yang tidak nyaman di dalam diri. Menangis pun boleh saja. Ringankan perasaan kita dengan meluapkan dan jujur dengan perasaan kita sendiri. Beri waktu dan proses untuk diri kita agar bisa lebih tenang.

2. Beri Perhatian kepada Diri Sendiri

"You yourself, as much as anybody in the entire universe, deserve your love and affection."

Saat kita merasa tidak dicintai oleh orang lain, kita mungkin akan merasa tidak berguna dan tidak layak untuk mendapatkan cinta. Kita juga mungkin akan merasa terasingkan atau terkucilkan. Di sini kita perlu untuk memberi fokus dan perhatian untuk diri kita lebih dulu. Setidaknya jangan terus menerus menyalahkan diri sendiri di saat sebenarnya orang yang paling membutuhkan perhatian adalah diri kita sendiri.

3. Pahami bahwa Hidup Ini Masih Layak Diperjuangkan

"You are free, you are powerful, you are good, you are love, you have value, you have a purpose. All is well."

Roda kehidupan masih terus berputar. Kita masih hidup dan masih bisa merasakan debaran jantung kita. Maka, cobalah untuk melangkah lagi. Tidak semua orang bisa memberikan cinta sebesar cinta yang kita berikan untuk mereka. Sebab kita tak pernah bisa mengontrol perasaan semua orang. Jadi, pilihan terbaik yang ada saat ini adalah tetap memperjuangkan hidup dengan sebaik-baiknya.

4. Tekuni Aktivitas yang Paling Disukai

"Put yourself at the top of your to-do list every single day and the rest will fall into place."

Hadirkan kesibukan dan rutinitas yang bermakna dalam keseharian kita. Tekuni bidang atau lakukan aktivitas yang paling kita sukai. Dengan melakukan sesuatu yang kita suka, kita bisa lebih menyayangi diri. Kita bisa memberikan lebih banyak cinta untuk diri sendiri, dan hal ini tentu saja akan membuat hidup kita terasa lebih berwarna.

5. Maafkan Segalanya

"Regardless of how anyone else feels about me, I am going to choose to love myself today."

Maafkan orang lain. Maafkan keadaan. Maafkan juga diri kita sendiri. Saat merasa tidak dicintai, kita mungkin akan menyalahkan banyak hal termasuk diri sendiri. Maka, agar tidak merasa insecure berlebihan, penting bagi kita untuk memaafkan segalanya. Lepaskan hal-hal yang memberatkan hati dan perasaan, lalu melangkahlah ke depan dengan hati yang lebih ringan dan lebih banyak cinta.

Kita semua memiliki banyak cinta. Meski kadang sedih dan kecewa saat merasa cinta kita tak dibalas, yakin saja bahwa hati kita masih sangat lapang. Ada banyak cinta yang bisa kita hadirkan untuk diri sendiri dan kehidupan ini. Serta, terima kasih tetap berjuang dan bertahan hingga titik ini, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading