Sukses

Lifestyle

4 Tips Smart Shopping for Smart Shopper Saat Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ramadan menjadi momen banyak keluarga yang memutuskan untuk membeli pakaian baru untuk persiapan hari kemenangan yaitu lebaran. Sebelum memberanikan diri untuk berbelanja ada baiknya untuk mengetahui tips smart shopping agar berbelanja lebih berkualitas. 

 

Dikutip dari esavingsblog.com, Smart Shopping membutuhkan sedikit perencanaan, pengetahuan produk, dan kesabaran, tetapi tidak harus sulit. Setelah kamu berhasil menguasai tips menjadi smart shopping, kamu dapat memperbaiki finansialmu. Kamu dapat menemukan semua yang kamu inginkan dan butuhkan dengan harga yang bagus jika bersedia mengikuti beberapa tips menjadi smart shopping.

Buat Daftar Belanja

Mari mulai dengan yang sederhana yaitu dengan membuat daftar belanja. Simpan daftar produk yang akan kamu beli. Daftar tersebut harus mencakup hal-hal yang kamu butuhkan menjelang hari raya.

Saat membuat daftar jangan membeli apa pun yang tidak ada dalam daftar atau yang tidak secara penting barran yang akan kamu belanjakan. Hal ini dapat menjadikan kamu sebagai smart shopper karena kamu telah berhasil mengurangi kebiasaan membeli barang yang tidak penting.

Tetapkan Anggaran Belanja yang Realistis

Untuk setiap item yang kamu rencanakan untuk dibeli, tetapkan anggarannya. Dasarkan anggaran yang kamu tetapkan pada apa yang kamu mampu dan berapa lama barang tersebut akan bertahan. Jika kamu belum pernah menetapkan anggaran atau memerlukan bantuan penganggaran, lihat cara membuat anggaran yang efektif. Membuat anggaran belanja dapat membuat kamu lebih hemat karena dapat meminimalisir pengeluaran yang tidak penting dan tidak sesuai dengan anggaran. 

 

Gunakan Uang Tunai

Studi menunjukkan bahwa orang menghabiskan sekitar 50 persen lebih banyak ketika mereka menggunakan kartu debit atau kredit. Itu karena kita tidak melihatnya sebagai uang meskipun itu adalah uang. Sederhananya, kamu akan menghabiskan lebih sedikit saat menggunakan uang tunai. Menggunakan uang tunai membuat kamu melihat bahwa perlahan uang kamu mulai berkurang dan menipis. 

Gunakan Kupon dan Kode Promo

Sejauh ini cara termudah untuk berbelanja dengan cerdas dan mendapatkan kesepakatan terbaik adalah dengan menggunakan kupon dan potongan harga. Jika kamu lebih sering menggunakan aplikasi online manfaatkan situs cashback dan aplikasi kupon yang memberi cashback saat berbelanja di aplikasi online tersebut. Hal ini dapat menghemat pengeluaran dan memperbaiki finansial kamu. 

 

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading