Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Sering Lupa dan Tidak Fokus yang Menjadi Masalah

Fimela.com, Jakarta Sering lupa atau tidak fokus menjadi satu masalah besar dalam hidup, apalagi ketika kita memiliki tanggung jawab dan adanya dead line akan membuat kita lupa maupun tidak fokus. Sangat umum bagi seseorang untuk teralihkan atau merupakan sesuatu hal, ternyata hal ini juga dapat mempengaruhi semua aspek kehidupan, baik besar maupun kecil.

Sementara kesulitan berkonsentrasi atau tidak fokus dapat disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti stress maupun kurang tidur, hal ini juga dapat menjadi tanda bahwa kamu mengalami depresi maupun kecemasan. Apakah kamu akhir akhir ini sering lupa atau bahkan tidak fokus?

Terlepas dari masalah yang sedang kamu hadapi, atau tugas yang banyak, tidak dapat fokus merupakan salah satu hal yang menyebalkan. Hanya kamu yang tahu untuk menyelesaikan masalah tersebut, berikut beberapa penyebab dari sering lupa dan tidak fokus yang mungkin terjadi:

1. Lelah

Jika kamu terlalu sering begadang atau bahkan sering tertidur di meja kerja, hal inilah yang mungkin membuat kamu tidak fokus. Ternyata ada hubungan antara kurang tidur dan gangguan fungsi kognitif, hal ini termasuk memori kerja dan kecepatan kognitif yang kamu miliki. Bahkan ketika kamu kurang istirahat atau merasa lelah maka dapat menyebabkan kerusakan sel otak.

2. Kehidupan Sehari-hari

Ketika kamu memiliki pekerjaan yang banyak di rumah, kantor, atau sekolah tentu akan buat kamu sulit untuk fokus pada pekerjaan tersebut. Keadaan emosional yang kamu miliki ternyata berkaitan dengan fokus, jadi ketika kamu bersemangat tentang suatu hal hal ini akan menyebabkan adrenali yang meningkat. Tak hanya itu ketika kamu terlalu mencemaskan suatu hal tentu akan menurunkan kemampuan kamu untuk terjadi sepanjang hari.

3. Terlalu Banyak Hal yang Terjadi

Benar atau tidak ketika kita terlalu banyak hal yang terjadi di pagi hari akan membuat kita merasa lelah, kurang fokus, atau bahkan lupa. Beberapa orang tentu memiliki metode produktivitasmu yang tidak terlalu puluh, akan tetapi terlalu banyak hal dapat mengacaukan kemampuan kamu untuk fokus pada suatu hal dan dapat menyebabkan kamu empat. Multitasking sering menyebabkan kualitas kita menjadi lebih rendah, serta kita akan merasa frustrasi dan tingkat stress akan tinggi.

4. Tidak Menyukai Pekerjaan yang Kamu Lakukan

Bayangkan jika kamu mengerjakan suatu pekerjaan seharian tetapi tidak nyaman atau bahkan tidak menyukai hal tersebut, apa yang akan kamu lakukan atau apa yang akan terjadi kepada kamu? Tentu kamu akan malas melakukan, kan tidak fokus atau bahkan akan melupakan pekerjaan tersebut dan membiarkannya.

Kita tidak menyukai pekerjaan tersebut tentu kita akan menghindari untuk makan ya, karena dengan satu. Hanya itu ketika kita tidak menyukai pekerjaan tersebut tentu akan membuat kita menunda bahkan tidak mampu untuk berkonsentrasi.

5. Gangguan Emosional, Kecemasan, dan Konsentrasi

Ketika kita memiliki gangguan emosional, kecemasan, dan konsentrasi tentu dapat membuat kita tidak fokus atau bahkan sering lupa. Gangguan gangguan inilah yang terkadang buat kita lebih mudah tersinggung akan suatu hal, atau sering mengkhawatirkan beberapa hal yang tidak seharusnya kita pikirkan.

6. Pola Makan

Tahukah kamu ternyata pola makan yang tidak teratur atau tidak sehat dapat menyebabkan kita sering lupa atau pakan untuk berkonsentrasi. Bayangkan saja ketika kamu mengkonsumsi berbagai makanan setiap harinya tetapi makanan tersebut tidak memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh, tentu akan membuat tubuh sulit untuk menerima memori dengan baik atau bahkan sulit untuk fokus.

7. Dehidrasi

Kekurangan cairan atau dehidrasi tentu dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh, salah satu penyebab yang mungkin kamu alami adalah sulit berkonsentrasi atau sering lupa. Ketika kamu berada di luar ruangan yang sangat panas tentu akan membuat kamu rasa malas jika cairan dalam tubuh tidak terpenuhi. Hal inilah mengapa saya penting bagi kita untuk minum air putih.

Tidak berapa usia kamu, aku berapa penyebab tentu dapat menyebabkan masalah memori atau tingkat ke konsentrasi yang kamu miliki. Sering lupa dapat muncul karena adanya stress, depresi, kurang tidur atau masalah tiroid tanya itu penyebab penyebab lainnya juga dapat didasari oleh pandangan tertentu, pola makan yang tidak sehat, atau kekurangan cairan (dehidrasi).

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading