Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Seseorang Malas Bicara yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Cara berkomunikasi yang paling umum dengan sesama adalah dengan berbicara. Tentu saja dalam beraktivitas, kita pasti akan berinteraksi dan berbicara mengenai banyak hal bersama orang lain, entah itu rekan kerja, keluarga, teman, atau pasangan. 

Namun, dalam situasi tertentu, orang bisa saja menjadi malas bicara. Biasanya kita akan bertanya-tanya dan menjadi salah tingkah ketika orang menjadi enggan berbicara dengan kita. 

Kira-kira apa penyebabnya? Ya, seseorang yang secara tiba-tiba menjadi malas bicara pasti dipicu oleh suatu hal. Bisa saja karena dia memang sedang kelalahan atau kesal. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 4 penyebab seseorang malas bicara yang perlu diketahui. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Ada Kesalahan yang Tidak Disadari

Seseorang bisa saja menjadi malas bicara kepadamu karena kamu tidak menyadari sudah melakukan kesalahan. Mungkin saja kamu pernah melontarkan kata-kata yang kurang berkenan atau melakukan tindakan yang membuat seseorang sakit hati hingga dia membatasi komunikasi denganmu. 

Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya kamu segera intropeksi diri dan meminta maaf kepada orang tersebut. Bicarakan dengan baik-baik agar dia juga mau membuka dirinya. Lagipula, saling tidak tegur sapa dan mendiamkan juga bukan situasi yang nyaman untuk dijalani. 

2. Kebiasaan Buruk Ingin Selalu Didengarkan

Komunikasi memang sebaiknya berjalan dua arah, ada masanya ketika kamu berbicara dan ada waktunya juga kamu mendengarkan orang lain. Namun, terus berbicara tanpa mau mendengarkan orang lain juga akan membuat orang jadi malas berbicara kepadamu. 

Mendengarkan orang lain saat berbicara bentuk cara kamu menghargai orang lain. Jangan memelihara kebiasaan buruk yang ingin selalu bicara tanpa mau mendegarkan tanggapan orang lain juga. Karena dalam komunikasi yang baik seharusnya memang ada timbal balik sehingga lawa bicaramu juga menjadi nyaman. 

3. Topik Obrolan yang Membosankan

Topik obrolan yang membosankan juga bisa menyebabkan seseorang jadi malas bicara, lho. Jika kamu terlalu sering membicarakan diri sendiri dan mengulang topik tersbeut secara berulang, orang juga akan menjadi malas dan bosan menanggapinya, 

Maka dari itu, usahakan kamu memperluas perspektif agar kamu bisa menemukan topik menarik untuk diobrolkan. Bisa juga dimulai dengan membicarakan topik atau hobi yang disukai oleh lawan bicaramu. Dengan cara itu, pasti orang yang akan kamu ajak bicara bisa lebih antusias. 

4. Terlalu Banyak Basa-Basi

Berikutnya, penyebab lainnya yang membuat orang jadi malas bicara adalah karena kebiasaanmu yang terlalu banyak basa basi saat berkomunikasi. Kamu harus tahu, ada beberapa orang yang memang tidak menyukai basa basi dan lebih suka bicara langsung pada intinya.

Jadi, sebaiknya kamu bisa menyesuaikan diri saat berkomunikasi atau berbicara dengan orang lain. Jika lawan bicaramu terkesan kaku dan kurang ramah, sebaiknya langsung komunikasikan saja apa yang memang perlu dibicarakan secara lugas dan jelas. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading