Sukses

Health

4 Cara Mendukung Seseorang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Kita semua terkadang mengalami kecemasan, ketegangan, dan kekhawatiran, tetapi itu menjadi masalah ketika gejala-gejala ini memburuk, bertahan lama, atau mengganggu kehidupan kita sehari-hari. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan jika kamu mengenal seseorang yang mengalami kesulitan tidur atau menghadapi kesulitan kesehatan mental.

Meskipun mungkin diperlukan waktu untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang, dan beberapa dari kita mungkin memerlukan bantuan profesional, ada cara untuk membantu dan mendukung seseorang dalam mendapatkan kembali kesehatan mentalnya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Dengarkan

Mengizinkan seseorang untuk berbicara dan mendengarkan perasaan mereka bisa sangat bermanfaat. Pertimbangkan apa yang sedang dialami temanmu dan bagaimana hal itu memengaruhi mereka. Ajukan pertanyaan terbuka alih-alih pertanyaan ya atau tidak untuk mendorong mereka berbagi pengalaman denganmu.

2. Bicarakan Tentang Perawatan Diri

Pelatihan kesadaran diri dapat membantumu mendeteksi pola dalam emosimu, seperti situasi yang dapat meningkatkan gejala. Diskusikan teknik untuk menghilangkan stres atau berlatih perawatan diri dengan mereka dan lihat apakah mereka menemukan sesuatu yang berguna. Berolahraga, makan makanan bergizi, dan cukup tidur semuanya dapat membantu menjaga kesehatan mental dan kebahagiaan.

3. Jangan Membandingkan Pengalaman Mereka dengan Orang Lain

Setiap orang berurusan dengan masalah dan gangguan kesehatan mental dengan cara mereka sendiri yang unik. Kamu mungkin tergoda untuk memberi tahu orang yang kamu cintai bahwa atau untuk membicarakan seorang kenalan yang memiliki kondisi yang sama. Ini adalah godaan yang harus kamu hindari. Meskipun menyatakan hal-hal tersebut dapat membantu seseorang merasa tidak sendirian dengan menormalkan pengalaman mereka, mereka juga dapat memiliki konsekuensi yang tidak disengaja berupa memaksa mereka untuk melupakannya atau mengekang perasaan mereka.

4. Ketahui Batasanmu

Kamu akan memiliki batasan sendiri dalam hal seberapa banyak bantuan yang dapat kamu berikan. Ini juga penting untuk mencari diri sendiri. Mengetahui batasanmu mungkin membantumu menghindari menjadi lelah. Untuk membantumu menentukan apa yang mungkin kamu perlukan dan di mana keterbatasanmu, kamu dapat mengatur zona waktumu sendiri dan mode komunikasi yang kamu sukai untuk berbicara dengan mereka.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat membantumu dalam membantu dan mendukung mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading