Sukses

Lifestyle

4 Sifat Pilar yang Menjadi Tanda Pemimpin Baik dan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Meski dilahirkan memiliki potensi menjadi pemimpin, nyatanya tidak semua orang bisa menjadi pemimpin yang baik dan berkualitas. Semua keterampilan itu perlu dilatih. Tapi sebenarnya apa sih tanda seorang pemimpin yang baik dan berkualitas?

Pertanyaan ini mungkin muncul di benak kita. Dilansir dari Blog.Udemy, ini sekian sifat penting yang menandakan seseorang adalah pemimpin yang baik dan berkualitas.

1. Sikap yang positif

Seorang pemimpin yang memiliki pembawaan positif membuat banyak perbedaan di kantor. Dalam Mayo Clinic mendefinisikan berpikir positif sebagai cara melihat situasi yang tidak menyenangkan dengan cara yang lebih optimis dan produktif. Seperti yang kita ketahui, stres di tempat kerja terjadi setiap hari, jika memiliki pemimpin yang dapat menciptakan iklim kerja yang positif, bahkan di masa sulit sekali pun akan memberikan motivasi dan semangat sehingga meningkatkan kesuksesan selama masa sulit. 

2. Menunjukkan rasa kasih sayang

Pemimpin yang memiliki kasih sayang atau belas kasih akan memberikan kesan lebih bersahabat dan kebersamaan yang lebih hangat dibandingkan yang serius dan terlalu disiplin atau tegas. Tentu sikap serius, disiplin dan tegas itu diperlukan, namun pemimpin yang menunjukkan memiliki 'hati' akan lebih disegani dan dihargai.

3. Bisa memaafkan

Melakukan kesalahan dalam menyelesaikan tugas atau tanggung jawab sudah pasti menjadi hal yang bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja dalam urusan pekerjaan. Memiliki pemimpin yang mampu memaafkan akan terasa lebih manusiawi. Setiap orang pasti melakukan kesalahan, jika bisa membangun komunikasi yang positif, pengertian dan bijak dalam menyikapi hal ini akan membuat seorang pemimpin lebih dihormati.

4. Mengekspresikan rasa terima kasih

Pemimpin yang baik dan berkualitas pasti bisa menunjukkan rasa terima kasih kepada anggota timnya. Cara ini mampu mendorong kinerja tim lebih baik sekaligus membuat anak buah merasa dihargai. Karena bagaimana pun, kesuksesan seorang pemimpin tidak akan tercapai tanpa kerja kerasa para anggota tim yang mendukungnya.

Jadi, jika kamu memiliki pemimpin dengan sekian sifat seperti di atas maka dialah pemimpin yang baik. Atau sudahkah dirimu memiliki sifat di atas sebagai pemimpin saat ini, Sahabat Fimela?

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading