Sukses

Lifestyle

Selain Salat Tarawih, 5 Salat Sunah Ini Mendatangkan Pahala Berlipat Ganda

Fimela.com, Jakarta Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Bagi umat muslim, bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa. Bulan Ramadan merupakan bulan seribu bulan di mana setiap amal ibadah baik itu wajib maupun sunah mendatangkan pahala yang berlipat ganda. 

Selain melaksanakan puasa Ramadan, di bulan Ramadan yang suci umat muslim sebaiknya berlomba-lomba dalam kebaikan. Salah satu kebaikan yang penting untuk dilaksanakan adalah mendirikan salat sunah. Selain salat tarawih dan salat witir, ada beberapa salat sunah yang sebaiknya didirikan bahkan diperbanyak untuk dilakukan di bulan Ramadan. 

Berikut salat sunah yang sebaiknya didirikan karena mendatangkan pahala yang berlipat ganda.

Salat Tahajud

Salat sunah pertama adalah salat tahajud. Salat tahajud merupakan salat sunah yang utama. Orang-orang yang ikhlas melaksanakan salat tahajud akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda terutama di bulan Ramadan. Salat tahajud bisa didirikan di malam hari setelah bangun tidur dengan jumlah rakaat minimal 2 rekaat salam dan dengan jumlah maksimal tidak terbatas. Namun dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah tidak pernah mengerjakan salat tahajud lebih dari 11 dan 13 rakaat beserta witirnya.

Salat Dhuha

Salat sunah kedua ada salat Dhuha. Salat Dhuha adalah salat sunah yang dikerjakan pada wkatu Dhuha yakni ketika matahari naik sekitar 7 hasta dari setelah terbit hingga menjelang dzuhur. Salat Dhuha bisa dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Salat Taubat

Salat sunah taubat juga menjadi salat sunah yang sebaiknya diperbanyak saat Ramadan. Salat taubat merupakan salat untuk memohon ampunan dari Allah SWT. Salat taubat bisa dikerjakan kapan saja selain di waktu yang haram untuk salat. Namun, salat taubat akan lebih utama jika dikerjakan di ⅔ malam seperti halnya salat tahajud.

Salat Tasbih

Salat sunah yang sebaiknya juga dikerjakan karena mendatangkan pahala berlipat ganda adalah salat tasbih. Salat tasbih merupakan salat yang di dalamnya terkandung bacaan tasbih sebanyak 300 kali. Selain mendatangkan pahala yang berlipat ganda, salat tasbih juga akan lebih mendekatkan diri kita ke Allah SWT. Salat tasbih memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam diri. 

Salat Rawatib

Salat sunah rawatib adalah alat sunah yang dikerjakan sebelum dan sesudah salat wajib. Salat rawatib akan menyempurnakan salat wajib kita sehari-hari. Salat rawatib sebelum salat wajib atau fardhu disebut sebagai salat sunah qabliyah. Sedangkan salat rawatib setelah salat wajib atau fardhu disebut sebagai salat subah ba’diyah. 

Itulah beberapa salat sunah yang sebaiknya dikerjakan dan diperbanyak saat Ramadan. Selain salat sunah di atas, salat sunah lain yang tak boleh ketinggalan adalah salat witir, salat tahiyatul masjid, salat hajat, salat istikharah dan salat fajar. Semoga informasi ini bermafaat dan selamat menyambut kedatangan Ramadan.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading