Sukses

Lifestyle

Sering Dilakukan Secara Tidak Sadar, Ini 5 Alasan Kamu Diabaikan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Menurut piramida kebutuhan Maslow, salah satu kebutuhan manusia yang berkaitan dengan afeksi adalah pengakuan. Saat keberadaan kita tidak diakui oleh orang lain, maka hal tersebut dapat membuat kita merasa gelisah, takut, dan bingung. Kita akan terus mempertanyakan penyebab kita diabaikan oleh orang lain. Berikut adalah beberapa hal yang seringkali tidak sengaja dilakukan dan membuat seseorang diabaikan.

Hal yang membuatmu diabaikan oleh orang lain

1. Lebih banyak berbicara daripada mendengar

Hal ini bukan berarti kamu tidak boleh membicarakan dirimu sendiri. Tetapi, saat kamu terlalu fokus pada dirimu sendiri dan tidak membiarkan orang lain berbicara, maka hal tersebut dapat membuatmu mendapatkan pandangan atau penilaian buruk dari orang lain. Segala jenis hubungan dibangun atas prinsip timbal balik. Maka, jika kamu ingin didengarkan, maka kamu juga harus mau mendengarkan orang lain. Dengan mendengarkan orang lain, hal tersebut dapat membuat lawan bicaramu merasa bahwa kamu peduli padanya.

2. Terlalu banyak mengkritik orang lain

Saat kamu dekat dengan seseorang, tentu kamu mengharapkan orang tersebut dapat menjadi versi terbaik dari dirinya. Oleh karena itu, kamu dengan sukarela akan memberitahu mereka mengenai kesalahan dan kekurangannya. Tetapi, saat kamu terlalu fokus memberikan komentar mengenai kesalahan dan kekurangan seseorang, maka hal tersebut dapat menyakiti hati orang lain. Akan lebih baik jika kamu memberikan kata-kata penyemangat dan pujian setelah kamu memberi kritik kepada orang lain.

3. Menebarkan negative vibes

Menurut penelitian, seseorang cenderung menghindari berbagai hal negatif sebisa mungkin. Saat kamu banyak mengeluh atau mengatakan hal-hal negatif, tentu hal tersebut dapat menular kepada orang lain. Hal ini bukan berarti bahwa kamu tidak boleh mengeluh atau memiliki emosi negatif. Akan lebih baik jika kamu bisa mengontrol berbagai hal negatif yang ada pada dirimu agar membuat orang lain nyaman berada bersamamu.

4. Kurang percaya diri

Apakah kamu tidak pernah melakukan hal-hal sebelumnya tapi tetap merasa diabaikan oleh orang lain? Jika iya, mungkin alasan lain kamu diabaikan oleh orang lain adalah karena kamu kurang percaya diri. Menurut penelitian, seseorang dengan kepercayaan diri yang tinggi dan first impression yang baik cenderung mendapatkan lebih banyak perhatian dan pengakuan dari orang disekitarnya. Oleh karena itu, secara perlahan-lahan, mulai saat ini, tingkatkan kepercayaan dirimu agar kamu tidak lagi diabaikan oleh orang lain!

5. Terlalu banyak berpikir

Berpikir sebelum bertindak atau berbicara sebenarnya adalah hal yang lumrah dilakukan oleh semua orang. Tetapi, saat kamu terlalu banyak berpikir dan ragu saat ingin melakukan atau mengatakan sesuatu, maka orang lain tidak akan menganggap keberadaanmu. Keberadaanmu akan tertutup dengan keberadaan mereka yang tahu kapan harus bertindak dan berbicara. Mungkin memang sulit karena ada kekhawatiran akan membuat kesalahan, tetapi terlalu banyak berpikir juga tidak baik. Jadi, mulai saat ini, ayo secara perlahan-lahan singkirkan rasa takut, ragu, dan khawatir yang menahan dirimu untuk bertindak dan berbicara!

 Semoga informasi ini bermanfaat.

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading