Sukses

Lifestyle

5 Cara Tetap Kuat Hadapi Masalah yang Belum Ketemu Jalan Keluarnya

Fimela.com, Jakarta Tidak semua masalah bisa ketemu jalan keluarnya dalam waktu singkat. Ada yang butuh waktu lama sekali untuk bisa ditemukan solusinya. Sehingga, ada masa-masa kita dihadapkan pada situasi yang membuat kita harus bertahan dan kuat.

Saat belum menemukan solusi atas masalah yang sedang dihadapi, tetap bertahan menjadi satu-satunya pilihan yang ada. Bertahan dan tetap kuat menjadi hal yang perlu kita lakukan, karena hanya itu yang untuk sementara ini bisa kita lakukan. Lalu, bagaimana agar tetap kuat di tengah masalah yang belum ada jalan keluarnya?

 

1. Terima Semua Kepahitan yang Ada

Menjadi dewasa tidak selalu mudah. Ada banyak hal yang perlu kita hadapi dan terima apa adanya, termasuk semua kepahitan dan kegetiran masalah yang ada. Di titik ini kita mungkin sedang terpuruk, dan itu adalah realitas yang perlu kita hadapi dan rasakan seutuhnya.

2. Izinkan Diri Merasakan Semua Kesedihan

Untuk menjadi kuat tak harus selalu menunjukkan rasa bahagia. Boleh kok bersedih dan kecewa. Izinkan saja diri kita merasakan semua kesedihan yang ada. Biarkan emosi negatif dan rasa tak nyaman mengalir begitu saja di dalam dirimu. Menangis atau berteriak untuk melepaskan rasa tidak nyaman pun bisa dilakukan. Setidaknya di sini ada hal yang bisa kamu lepaskan agar bisa memiliki ruang yang lebih besar untuk menerima kekuatan baru untuk bertahan.

3. Cari Bantuan jika Memang Butuh

Menjadi kuat tak harus semuanya dirasakan dan dijalani sendiri. Kadang butuh sedikit semangat atau kata-kata penyemangat dari orang lain. Kadang juga butuh perhatian dan dukungan dari orang lain. Maka, jika merasa butuh bantuan untuk membantumu kembali kuat, tak apa untuk mencari bantuan sesuai kebutuhan.

 

4. Fokus pada Saat Ini

Saat ini apa yang bisa dilakukan? Itu pertanyaan yang bisa membantumu untuk bisa bertahan kuat. Biarkan yang lalu jadi pelajaran. Mungkin masalah yang ada belum sepenuhnya dapat diselesaikan dengan sempurna. Tapi saat ini kita bisa melakukan sesuatu yang membantu kita untuk menjalani hari seperti biasa.

5. Sadari bahwa Bertahan adalah Bentuk Keberanian

Kalau suatu keadaan masih belum bisa kita perbaiki, maka bertahan menjadi solusi sementara saat ini. Bertahan juga salah satu bentuk keberanian. Memilih untuk bertahan dan tidak menyerah bukanlah hal mudah. Saat sebuah masalah terasa begitu sulit untuk diatasi secepatnya, tetap bertahan kuat untuk menghadapi apa pun yang ada di depan bisa jadi adalah bagian dari solusi terbaik saat ini.

Saat tak tahu harus berbuat apa dan bagaimana di tengah masalah yang belum ada jalan keluarnya, bertahan bisa jadi hal paling bijak untuk dilakukan. Semoga ke depannya, kita bisa menjadi pribadi yang lebih kuat lagi ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading