Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Kisah Haru Perjuangan Ayah Atasi Anak Susah Minum Obat, Kini Sukses Jadi Bos Essential Oil

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Seperti Denis Yonathan, pendiri Cessa Natural, brand lokal essential oil roll pertama di Indonesia khusus untuk bayi dan anak usia 5 tahun dengan kandungan 100% natural.

Denis bercerita, berdirinya Cessa Natural diawali ketika anak partnernya jatuh sakit dan tidak bisa minum obat kimia. Bersama partnernya yang memiliki latar belakang seorang farmasi, Dennis akhirnya meracik formula obat dengan kandungan natural yang bisa dikonsumsi tanpa diminum.

“Jadi awalnya partner saya mempunya anak saat itu yang sedang sakit dan tidak bisa minum obat. Karena (partner) ada background farmasi maka mulailah mencari formula. Formulanya ini bagaimana caranya 100% natural, karena anak tidak suka obat maka kita buat tanpa diminum, jadi dihirup aja lalu bisa menghangatkan dan membuat nyaman,” cerita Denis kepada tim Fimela.

Setelah 6 bulan lebih proses pengujian produk essential oil, Denis bersama partner akhirnya menemukan formula yang tepat untuk dapat diberikan kepada anak-anak. Hingga pada tahun 2018, produk Cessa Natural resmi dipasarkan ke publik.

Tantangan sebagai Pelopor Essential Roll On

Tak dapat dipungkiri, sebagai brand lokal pertama yang memproduksi essential oil roll on, Denis mengalami banyak tantangan. Terutama soal kepercayaan masyarakat yang terbiasa dengan obat-obatan kimia.

“Masyarakat sudah terbiasa didoktrin dengan obat-obatan kimia, iklannya masif, jadi tantangan kita adalah bagaimana kita edukasi. Kemudian tantangan kedua ada pada harga. Karena dengan adanya roll on pasti biaya lebih besar dibandingkan obat pada umumnya,” tutur Denis.

Untuk mengatasi hal tersebut, Denis pun membangun branding dengan melakukan edukasi di platform media sosial yang menekankan bahwa produk Cessa 100 persen natural.

“Bahkan kita juga buat campaign, bagi Ibu dengan anak yang sakit, silakan kontak kita nanti kirim satu tester gratis. Dan itu berjalan, bahkan beberapa bulan terakhir kami masih menerapkan campaign ini,” kata Denis.

Mengalami Peningkatan Penjualan

Jerih payah Denis dalam membangun kepercayaan masyarakat pun membuahkan hasil. Produk-produk Cessa Natural mulai diterima oleh masyarakat. Bahkan setiap tahunnya, penjualan Cessa Natural terus mengalami peningkatan.

“Ternyata apa yang kita lakukan diterima masyarakat. Lalu kami mulai serius bangun sistem, bangun bisnis secara masif dan global, sehingga tahun 2020 sampai menujui 2021 akhir itu (penjualan) kami makin meningkat, dari 200 persen sampai 500 persen,” ungkap Denis.

Cessa Natural telah mengeluarkan 5 varian essential oil roll yakni Cessa CF, Cessa FD, Cessa Lenire, Cessa BA, dan Cessa Iboost. Kelima varian minyak esensial ini memiliki manfaat yang beragam mulai dari meredakan gejala demam, flu dan batuk, mengatasi perut kembung, melindungi dari gigitan serangga hingga membantu meningkatkan imunitas bayi atau anak.

Dalam pertumbuhannya, Cessa Natural telah berhasil menjual lebih dari 3 juta botol dan memiliki 400 reseller yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, Denis mengaku sudah ada permintaan dari Luar Negeri. Untuk mencapai tujuan ke kancah internasional, Cessa Natural akhirnya pun bergabung dengan Hypefast.

“Akhirnya kita memutuskan di tahun 2021 kita bergabung dengan hypefast tujuannya kita ingin mengglobal lagi. Bukan hanya di Indonesia tetapi juga internasional. Tapi sampai saat ini memang belum ke sana karena kewalahan menangani permintaan (yang tinggi) di Indonesia. Mungkin di kuartal kedua kalau tidak ada halangan bisa mulai mempersiapkan ke pasar luar negeri,” kata Denis.

Inovasi Baru

Ke depan, Denis mengatakan Cessa akan meluncurkan produk-produk baru yang kini tengah dalam tahap pengembangan.

“Mudah-mudahan kalau gada halangan tahun 2022 ini bisa diluncurkan. Tapi tetap untuk bayi 0-3 tahun itu target utama kita. Kita juga akan launching cessa kids, cessa kids yaitu 3-6 tahun sudah ada tapi sedang proses legalitas BPOM,”

“Kami ingin menggaris bawahi untuk ibu-ibu jangan takut pakai Cessa karena 100 persen natural. Selain itu kami sedang ada menggalakan campaign dengan konsultasi dengan dokter di media sosial kita baik di TikTok Live dan Instagram Live,” tandasnya.

Cessa Natural memiliki webstore di www.cessanatural.com, serta official store di Shopee dan Tokopedia. Cessa Natural juga sudah dijual di toko offline Buiboo, Grand Indonesia Lantai 2, dan beberapa official reseller lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Instagram @cessa.official.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading