Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Ponsel Mati Total yang Perlu Diketahui, Begini Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Ponsel kini sudah menjadi kebutuhan penting bagi kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ponsel juga menjadi barang yang selalu kita bawa kemana pun kita pergi.

Bahkan karena begitu pentingnya ponsel, terkadang ada orang-orang yang lebih rela kehilangan dompetnya daripada ponselnya. Hal ini menunjukkan adanya ketergantungan juga antara manusia dengan ponsel.

Lalu, bagaimana jika ponselmu tiba-tiba mati total secara mendadak? Tentu saja kamu akan panik, bukan? Apalagi jika kamu sudah melakuan berbagai cara untuk menghidupkan kembali ponselmu, namun tetap tidak berhasil. Kira-kira apa penyebabnya? 

Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab ponsel mati total yang perlu diketahui beserta cara mengatasinya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Ponsel Mati Total

1. Adanya Kerusakan pada Software

Software merupakan sistem operasi yang menjadi ‘nyawa’ dari sebuah gadget, termasuk ponsel. Apabila software ponsel bermasalah, maka hal ini dapat memicu gangguan pada ponsel. Salah satu bentuk gangguannya adalah membuat ponsel mati secara mendadak dan tidak bisa dihidupkan. 

2. Ponsel Terkena atau Terendam Air

Mungkin kamu sering menyepelekannya, namun ponsel memang seharusnya ditempatkan jauh dari tempat yang basah agar tidak terkena air. Meskipun kini sudah banyak ponsel yang menawarkan fitur anti-air, namun apabila komponen di dalamnya terkena air, tetap saja tak akan bisa bertahan lama dan ponsel pun akan mati total.

3. Ponsel Ngelag

Salah satu tanda yang perlu kamu waspadai pada saat ponsel kamu bermasalah adalah kondisi ponsel yang tiba-tiba tidak bisa digerakkan atau mati sementara lalu hidup kembali. Jika hal ini terus terjadi, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat ponsel kamu bisa mati secara total. Hal ini biasanya terjadi karena ponsel tidak bisa mengatasi beban processing data yang terlalu besar.

4. Kesalahan Modifikasi Sistem

Untuk sebagian jenis ponsel tertentu, sistem operasinya bersifat open source. Artinya, pengguna bisa saja melakukan modifikasi dengan operating system (OS) pada perangkat ponselnya. Namun, hal ini juga bisa mendatangkan risiko tersendiri.

Jika proses modifikasi tidak dilakukan dengan benar, maka software tidak akan bisa berjalan normal dan mengakibatkan ponsel mati total.

5. Kondisi Baterai yang Rusak

Kondisi baterai yang rusak juga dapat memicu ponsel mati total. Kamu bisa melihat tanda-tandanya dari baterai ponsel yang sulit untuk terisi secara penuh. Jika kamu biarkan, maka hal ini akan membuat ponselmu mati secara total. 

Cara Mengatasi Ponsel yang Mati Total

1. Mengisi Daya Ponsel 

Cara pertama untuk mengatasi masalah ponsel mati total yaitu dengan mengisi dayanya terlebih dahulu. Kamu dapat mencolokkan dengan kabel charger agar daya baterainya terisi.

Cobalah untuk membiarkan daya terhubung selama beberapa waktu sembari memantau kondisi baterai. Bila ponsel bisa nyala kembali, maka ada kemungkinan baterainya sudah drop.

2. Memeriksa Kabel dan Adaptor

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa kondisi kabel dan adaptornya. Maka dari itu, bila ponsel mati total, kamu sebaiknya coba mengisi daya dengan kabel dan adaptor lain yang satu tipe. Dengan begitu, kamu bisa memastikan apakah kabel dan adaptornya yang rusak atau ponselmu yang bermasalah.

3. Periksa Masalah pada Layar Ponsel

Ponsel yang mati total tak hanya disebabkan oleh masalah daya, tetapi bisa juga karena layar mati atau gelap. Maka dari itu, untuk memastikannya, kamu bisa menekan tombol power selama 30 detik dan tunggu reaksinya.

Jika ponsel bergetar namun layarnya tidak menampilkan proses boot, ada kemungkinan memang layar ponsel yang  bermasalah. Bila hal ini terjadi, sebaiknya kamu langsung datangi service center untuk mengganti layar dengan yang baru. 

Itulah ulasan penyebab dan cara mengatasi ponsel yang mati total. Semoga informasi ini dapat membantu, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading