Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Layar Ponsel Rusak dan Retak yang Perlu Dihindari

Fimela.com, Jakarta Ponsel kini sudah menjadi kebutuhan penting bagi kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ponsel juga menjadi barang yang selalu kita bawa kemana pun kita pergi. 

Sayangnya, tanpa sadar kita lupa merawat ponsel dan membiarkannya rusak secara perlahan karena akibat pemakaian. Salah satu masalah yang kerap dialami banyak orang adalah ketika layar ponselnya rusak dan retak. 

Tentunya layar ponsel adalah komponen yang paling vital. Jika layarnya rusak, ponsel pasti akan sulit digunakan atau tidak bisa bekerja dengan baik. Lalu, apa saja yang menyebabkan layar ponsel rusak? 

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab layar ponsel rusak dan retak yang perlu dihindari. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Menaruh Ponsel di Tempat Sempit

Penyebab layar ponsel rusak dan retak yang pertama adalah karena kebiasaan burukmu yang sering menaruh ponsel di tempat-tempat sempit, seperti saku celana. Perlu diketahui, menaruh ponsel di tempat yang sempit dapat membuat tekanan yang diterima layar jadi lebih besar.

Jika hal ini terus dilakukan dalam jangka waktu lama atau berkesinambungan, layar ponsel akan mengalami error sesekali, hingga timbulnya retakan di bagian-bagian tertentu.

2. Menekan Layar secara Berlebihan

Penyebab layar ponsel rusak dan retak yang kedua adalah karena kamu menekan layar ponsel secara berlebihan atau terlalu keras. Hal ini tentu sering terjadi di kalangan orang-orang yang gemar bermain game di ponsel.

Sama halnya seperti menaruh ponsel di tempat sempit, menekan layar dengan tenaga berlebih akan membawa dampak jangka panjang berupa rusaknya layar. Logikanya sama, layar yang sering menerima tekanan berlebih secara terus-menerus pastinya akan cepat menurun performanya dan berujung pada disfungsi alias kerusakan.

3. Kesalahan dalam Menyentuh Layar

Kesalahan lainnya yang juga jarang disadari adalah cara kamu saat menyentuh layar ponsel. Hal ini diperuntukkan bagi kamu yang merawat kuku hingga permukaannya menjadi lancip atau tajam. 

Meski tidak setajam benda lain, kuku tetap saja adalah bagian tubuh manusia yang paling tajam. Seringnya layar menerima 'hantaman' kuku dapat membuat layar ponsel menjadi rentan rusak dan pecah.

Gejalanya bisa dimulai dengan munculnya lecet dan beret, lalu seterusnya layar ponsel bisa berujung pada kerusakan dan mati total.

4. Sering Diletakkan di Dekat Barang Elektronik

Selanjutnya, kesalahan yang juga kerap kali dilakukan banyak orang adalah menaruh ponsel di dekat barang elektronik lainnya, contohnya seperti laptop. Memang di tengah kesibukan, kadang kita tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti menaruh ponsel, namun kebiasaan ini berakibat buruk. 

Pasalnya, menaruh ponsel di dekat benda elektronik lain, terutama yang sedang menyala atau dalam keadaan aktif ternyata bisa mempengaruhi kinerja layar ponsel. Hal ini karena benda-benda elektronik yang berada di dekat ponsel memiliki magnet cukup besar sehingga mampu menurunkan responsivitas layar. 

5. Terkena Sinar Matahari secara Langsung

Terakhir, penyebab layar ponsel menjadi rusak dan retak juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung. Kamu yang aktif dengan beragam kegiatan luar ruangan harus lebih memperhatikan hal yang satu ini.

Kontak sinar matahari yang terus-menerus pada layar bisa mengikis layar itu sendiri dan mengakibatkan perubahan kontras dan warna pada seluruh tampilan layar. Maka dari itu, sebaiknya kamu lebih teliti lagi dalam menggunakan ponsel, jangan biaran ponsel terkena panasnya sinar matahari. Jika perlu, gunakan dompet ponsel agar lebih terjaga. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading