Sukses

Lifestyle

7 Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit Jangan Sampai Terlilit Hutang

Fimela.com, Jakarta Kartu kredit memberikan kemudahan dalam urusan memenuhi kebutuhan hingga keinginan seseorang. Apalagi ketika berkeluarga sudah banyak keperluan yang tidak terduga.

Penggunaan kartu kredit pun cukup menarik, sebab kartu sakti ini cara mudah untuk menangani krisis keuangan ketika belum gajian atau membutuhkan uang segera, tetapi kekurangan uang.

Tapi, tentu saja juga perlu paham dan bijak dalam menggunakan kartu kredit. Sebab, menggunakan kartu kredit tidak menyelesaikan permasalahan keuangan, ada yang harus dibayar sesuai waktunya.

Maka sahabat Fimela harus cerdas dalam menggunakan kartu kredit agar keuangan tetap sehat dan tidak terlilit hutang. melansir berbagai sumber, berikut ini beberapa tips yang dapat menguntungkan saat menggunakan Kartu Kredit.

1. Perhatikan pengeluaran

Sahabat Fimela bisa terjebak dalam perangkap utang jika tidak memperhatikan pengeluaran. Penting untuk melacak pengeluaran Kartu Kredit. Simpan buku harian untuk menulis atau daftar pengeluaran yang terjadi setiap kali menggunakan kartu untuk transaksi apa pun.

Jika dilakukan dengan ketat, ini akan membantu mencegah kecenderungan untuk berbelanja secara royal. Sekarang dapat mengatur batas transaksi untuk jenis pembelian tertentu di Kartu Kredit - tetap berpegang pada tujuan pengeluaran menjadi lebih mudah.

2. Tetapkan batas kredit yang ideal

Tahukah sahabat Fimela jika dapat menyesuaikan batas kredit kartumu? Minta penyedia kredit untuk menetapkan batas yang memungkinkan menyelesaikan pembayaran dengan mudah sebelum tanggal jatuh tempo. Batas kredit yang terlalu tinggi dapat menggoda untuk membelanjakan lebih banyak.

Menetapkan batas kredit yang tepat adalah penting; gagal membayar tagihan Kartu Kredit tepat waktu dapat mempengaruhi skor kredit secara negatif.

3. Periksa laporan Kartu Kredit secara teratur

Terus periksa laporan Kartu Kredit. Merupakan kebiasaan yang baik untuk menghitung tagihan yang ditagihkan kepadamu dengan tanda terima pembayaran yang diterima saat check-out/tempat penjualan. Ini akan membantu mengelola dan memprioritaskan keuanganmu. Ini juga akan membantu dalam mendeteksi dan menghindari biaya apa pun yang mungkin luput dari pandangan sebelumnya.

Terkadang, nama pedagang mungkin muncul secara berbeda pada laporan Kartu Kredit sehingga melalui setiap transaksi satu per satu sangat penting.

4. Gunakan penawaran dan hadiah gratis

Perusahaan Kartu Kredit menawarkan penghargaan dan insentif dari waktu ke waktu. Ini bisa dalam bentuk cashback atau voucher gratis. Periksa dengan bank untuk penawaran terbaru.

Ada beberapa manfaat Kartu Kredit standar yang tidak banyak diketahui orang. Misalnya, dapat memanfaatkan asuransi gratis, juga dapat menggunakan Poin Hadiah untuk membeli barang-barang yang  dibutuhkan hingga diskon tiket pesawat.

5. Bayar tagihan Kartu Kredit tepat waktu

Sahabat Fimela harus membayar tagihan tepat waktu, setiap bulan. Meskipun tampak jelas, banyak orang cenderung mengabaikannya. Tidak membayar tagihan Kartu Kredit menarik suku bunga yang tidak beralasan, biaya keuangan dan biaya keterlambatan yang dapat sangat mengganggu anggaran.

Jika tidak teratur dalam pembayaran, itu juga bisa menghambat skor kredit, yang bisa menjadi masalah jika ingin mengajukan pinjaman nanti.

6. Pertahankan rasio pemanfaatan yang rendah

Melansir cekpremi.com, idealnya, ingin membayar saldo secara penuh setiap bulan, tetapi jika itu tidak memungkinkan, cobalah untuk menjaga rasio pemanfaatan yang rendah.

Rasio pemanfaatan adalah persentase kredit. Katakanlah memiliki batas kredit sebesar Rp50 juta. Jika berbelanja Rp25 juta menggunakan kartu kredit, memiliki rasio pemanfaatan 50 persen.

Persentase yang lebih tinggi daripada itu dapat mempersulit untuk melunasi hutang yang nantinya akan menurunkan skor kredit. Sebagai saran, pertahankan rasio pemanfaatan di bawah 30 persen.

7. Dahulukan tagihan dengan bunga tinggi

Kredit macet salah satunya juga disebabkan karena bunga yang terlampau tinggi. Untuk itu, harus memprioritaskan pembayaran tagihan yang berbunga tinggi.

Buatlah rencana keuangan yang baik dan tuliskan semua hutang. Prioritaskan hutang berbunga tinggi lterlebih dahulu sambil terus membayar tagihan yang lain.

 

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading