Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Banyak Cicak di Rumah yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Selain semut, salah satu hewan lainnya yang sering kita temui di rumah adalah cicak. Meskipun tidak berbahaya, kehadiran cicak di rumah amat mengganggu kenyamanan. 

Belum lagi jika cicak sering hinggap di dapur atau kamar, pastinya kita akan merasa risih dan takut jika ada barang atau makanan yang terinjak atau terkontaminasi cicak. Kira-kira apa yang menyebabkan banyak cicak di rumah? 

Mungkin kamu tidak menyadarinya, namun kebersihan rumah adalah faktor paling umum. Rumah yang jarang dibersihkan hingga terkesan kotor adalah tempat favorit cicak. 

Selain kebersihan rumah, ada pula faktor lainnya yang perlu kamu tahu. Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab banyak cicak di rumah yang jarang disadari. Dilansir dari beragam sumber, simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

1. Banyak Tanaman di Rumah

Mempunyai banyak tanaman di rumah memang menjadi salah satu cara untuk mempercantik tampilan rumah. Tanaman di rumah membuat pemandangan menjadi lebih hidup dan segar. 

Sayangnya, tanaman di rumah juga mengundang cicak untuk datang ke rumah, lho. Cicak suka mencari berbagai jenis serangga di dekat tanaman sehingga ia akan sering datang ke sana. Selain untuk mencari makannnya, sebenarnya cicak juga bisa menjaga tanaman dari gangguan serangga.

2. Rumah Dihinggapi Banyak Nyamuk

Nyamuk tidak hanya berbahaya bagi manusia, tetapi juga dapat mengundang banyak cicak hinggap di rumah. Hal ini karena nyamuk adalah makanan yang sangat disukai oleh cicak.

Mungkin kamu tidak nyaman dengan adanya cicak, namun kehadiran cicak ternyata bisa membuat nyamuk-nyamuk di rumah semakin berkurang, sehingga kamu dapat terhindar dari penyakit seperti demam berdarah.

3. Terdapat Kebun di Sekitar Rumah

Memiliki kebun pribadi di rumah memang menyenangkan. Suasana rumah pun jadi tampak asri dengan adanya kebun yang ditanami banyak tanaman dan bunga-bunga cantik. 

Sayangnya, kebun di rumah bisa menjadi pemicu banyak cicak datang ke rumah. Alasannya pasti karena cicak hendak mencari sumber makanannya, yakni serangga di dalam kebun. 

Lingkungan tempat tinggal yang berdekatan dengan kebun juga sangat disukai cicak karena memiliki banyak jenis serangga yang bisa menjadi santapannya.

4. Cicak Menyukai Sumber Air

Nah, salah satu yang menjadi alasan cicak suka datang ke rumahmu adalah karena ia ingin mencari air. Sama seperti manusia, tumbuhan, dan hewan lainnya, air menjadi sumber makanan bagi cicak dan sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuhnya. Maka dari itu, jangan heran jika kamu sering mendapat cicak berada di sekitar wastafel, pipa bocor, kolam renang atau bahkan kamar mandi.

5. Rumah yang Kotor

Seperti yang sudah disinggung di awal, rumah yang kotor bisa mengundang banyak cicak untuk hinggap. Cicak mencari makanan dengan berbagai cara seperti mencari nyamuk dan memakan remah-remah makanan. Pastinya rumah yang jarang dibersihkan akan dipenuhi oleh kotoran sisa makanan dan hal inilah yang akan menjadi sumber makanan bagi cicak. 

Untuk mengatsinya, kamu perlu menjaga kebersihan rumah. Buanglah sampah pada tempatnya, selalu bersihkan sisi-sisi rumah agar tidak dihinggapi cicak. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading