Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Kulkas Tidak Dingin yang Jarang Diketahui, Begini Solusinya

Fimela.com, Jakarta Kulkas merupakan kebutuhan barang rumah tangga yang memiliki banyak fungsi. Selain untuk menyimpan makanan agar tetap segar, kulkas juga dapat mendinginkan makanan atau minuman.

Namun, dalam kondisi tertentu, kulkas bisa saja tidak berfungsi dengan baik seperti tidak dingin saat dinyalakan. Saat kulkas tidak dingin, maka hal ini akan mempengaruhi kondisi makanan yang ada di dalamnya. Alhasil, makanan jadi tidak awet, suhu kulkas lembap, dan timbul bau yang tidak sedap. 

Lalu, apa yang menyebabkan kulkas tidak dingin? Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab kulkas tidak dingin yang jarang diketahui beserta solusinya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Bunga Es yang Terlalu Tebal dan Menumpuk

Bunga es yang sudah terlalu tebal membuat kulkas tidak dingin. Hal ini karena bunga es yang sudah menumpuk dan mengeras akan menutupi bagian angin.

Perlu kamu ketahui, lubang angin berperan dalam mendinginkan udara di dalam kulkas. Jika kulkas tidak dingin lagi, maka periksalah kondisi bunga esnya.

Lalu, bagaimana solusinya? Mudah saja, kamu hanya perlu membuang bunga es dengan membiarkan kulkas terbuka. Selanjutnya, letakkan kipas angin di depannya agar anginnya bisa langsung berinteraksi dengan bagian dalam kulkas. Cara ini terbukti sangat cepat dan efektif dalam mencairkan bunga-bunga es sehingga bagian freezer menjadi bersih kembali.

 

2. Kebiasaan Menyimpan Makanan Panas

Berikutnya, hal yang mungkin tidak kamu sadari dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin adalah kebiasaan menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Logikanya, suhu panas yang dihasilkan oleh makanan lebih dominan, maka suhu di sekitarnya pun akan mengikutinya.

Maka dari itu, jika kamu sering menyimpan banyak makanan di dalam kulkas dengan kondisi yang masih panas, suhu di dalam kulkas akan ikut menurun karena berinteraksi dengan suhu panas yang dihasilkan oleh makanan tersebut. Itulah mengapa kulkas tidak dingin lagi setelah menyimpan makanan panas.

Lalu, bagaimana solusinya? Kamu hanya perlu menunggu makanan yang masih panasagar menjadi lebih hangat sebelum masuk ke dalam kulkas. 

3. Masalah pada Stop Kontak atau Aliran Listrik

Semua peralatan elektronik umumnya menggunakan stop kontak sebagai sumber energinya. Namun, biasanya sering orang-orang tidak sadari ternyata stop kontak yang menjadi sumber dari energi peralatan elektronik kita tidak berfungsi dengan baik.

Stop kontak yang tidak berfungsi dengan baik akan menjadi penyebab kulkas tidak dingin yang sering tidak kita sadari. Untuk mengetahuinya, bisa mencoba menyambungkan peralatan elektronik lain ke sumber listrik tersebut. Apabila bisa berfungsi dengan baik, bisa jadi kabel kulkas tersebut hanya tidak kencang ketika dipasangkan ke stop kontak.

4. Freon yang Sudah Habis

Freon merupakan komponen penting bagi barang yang berfungsi sebagai pendingin, begitu juga dengan fungsinya pada kulkas. Jika kulkas tidak dingin, maka biasanya ada masalah pada freon, bisa berupa kebocoran ataupun freon yang telah habis. 

Bagaimana cara memeriksanya? Kamu bisa memegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill kulkas. Bagian ini merupakan bagian yang seharusnya panas, karena panas freon akan dilepaskan di sini. Jika tidak terasa hangat, maka freon sudah habis dan harus diisi lagi.

5. Masalah pada Karet Pintu Kulkas

Penyebab kulkas tidak dingin yang terakhir adalah karena karet-karet pintu kulkas yang sudah tidak rapat lagi. Setiap hari kita membuka kulkas hingga tanpa sadar hal itu membuat karet kulkas meregang atau tidak rapat. 

Jika karet pintu kulkas sudah tidak lagi berfungsi dengan baik, maka kulkas tidak tertutup sempurna. Akibatnya, udara yang di dalam kulkas akan keluar dan berinteraksi dengan udara bebas sehingga suhu dingin di dalam kulkas akan menurun menyebabkan kulkas tidak dingin lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading