Sukses

Lifestyle

5 Tips Menghentikan Kebiasaan Buruk dan Menjadi Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela ingin berhenti melakukan hal-hal buruk, misalnya seperti terlalu sering menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan media sosial atau lainnya? Atau kamu hanya menunda-nunda sepanjang hari sehingga dirimu menjadi sangat produktif akhir-akhir ini.

Kebiasaan buruk selalu berdampak buruk pada kesehatan, karier, hubungan dan kehidupanmu secara keseluruhan. Jika kamu ingin menghindari efek tersebut, maka kamu perlu melakukan sesuatu untuk membebaskan diri dari perilaku negatif tersebut. Lalu dimulai dari mana untuk membuat perubahan tersebut? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sadari Kebiasaan Burukmu

Hal pertama yang kamu butuhkan adalah memberi diri alasan untuk menghentikan kebiasaan ini. Kamu perlu menyadari bahwa perilaku yang kamu anggap "buruk" itu sebenarnya karena berdampak negatif pada dirimu atau orang lain. Pikirkan tentang efeknya pada dirimu, bagaimana hal itu menghalangimu untuk menjadi produktif, sehat, atau menjadi panutan yang baik bagi orang yang kamu cintai dan putuskan untuk membuangnya untuk selamanya.

2. Cari Tahu Pemicunya

Kebiasaan dan tingkah laku memiliki pola. Hal itu dipicu oleh isyarat yang memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya untuk melakukan kebiasaan. Pemicu yang biasa untuk perilaku kompulsif adalah stres karena tubuhmu mencari cara untuk melepaskan ketegangan. Misalnya, kamu mungkin melakukan belanja tak terkendali setiap kali kamu keluar dari kantor diliputi oleh tekanan.

3. Tetapkan Pikiran pada Tujuan untuk Menghentikan Perilaku Ini

Setelah mengetahui pemicunya, kamu perlu mulai merencanakan bagaimana menghentikan kebiasaan tidak sehat ini. Sudah saatnya kamu menetapkan tujuan untuk mengatasinya dan menghasilkan langkah-langkah spesifik tentang bagaimana mencapainya.

4. Singkirkan Godaan

Langkah pertama harus menghilangkan apa pun yang akan mengingatkan tentang kebiasaanmu. Misalnya, jika kamu ingin berhenti merokok, maka menyingkirkan asbak dari meja akan menjadi awal yang baik.

5. Ganti dengan Kebiasaan Baik

Sulit untuk menghentikan kebiasaan apa pun, terutama jika itu memberimu penghilang stres karena tubuhmu akan secara otomatis mencarinya setiap kali kamu stres. Untuk itu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mencari kebiasaan sehat yang bisa menggantikan kebiasaan negatif tersebut. Seperti jika kamu memiliki kecenderungan untuk makan terlalu banyak setiap kali kamu tegang, kamu dapat mengarahkan langkahmu ke gym untuk berolahraga daripada pergi ke restoran.

Well, itulah beberapa cara yang dapat membantumu menghilangkan kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi kehidupan, karier dan hubunganmu. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading