Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Aplikasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka, Begini Solusinya

Fimela.com, Jakarta Whatsapp adalah salah satu media sosial yang digunakan oleh banyak orang, terutama untuk berkirim pesan singkat maupun melakukan panggilan telepon tanpa pulsa. Aplikasi ini tengah populer karena fiturnya yang praktis dan memudahkan banyak orang untuk saling berkomunikasi. 

Dalam whatsapp, kamu bisa mengirim pesan teks, gambar, atau berbagi video dengan mudah. Tidak hanya itu saja, untuk keperluan bisnis, aplikasi ini juga memungkinkan kamu berbagi dokumen dalam berbagai bentuk atau tipe. 

Tidak heran jika orang-orang kini mengandalkan whatsapp sebagai aplikasi utama untuk chatting. Lalu, pernahkah kamu mengalami masalah Whatsapp tidak bisa dibuka? 

Berikut Fimela.com kalin ini akan mengulas 4 penyebab whatsapp tidak bisa dibuka beserta solusinya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Aplikasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka

1. Faktor Sistem Operasi pada Ponsel

Perlu diketahui, whatsapp mensyaratkan spesifikasi tertentu agar aplikasi dapat berjalan maksimal. Maka dari itu, pastikan ponsel kamu sudah memiliki sistem operasi yang memungkinkan operasi whatsapp. Umumnya, sistem operasi Android 4.0 dan iOS 8 untuk bisa menggunakan whatsApp dengan lancar.

2. Tidak Memperbaharui Aplikasi

Pasti kamu sering menerima notifikasi pembaharuan whatsapp dan hal ini kerap diabaikan. Padahal, langkah ini sangat penting karena bertujuan untuk memperbaiki kinerja sistem dari bugs pada aplikasi whatsapp. 

3. Cache yang Menumpuk 

Hal ini mungkin jarang diketahui atau disadari para penggunanya, namun sebagai pengguna aplikasi whatsapp, kamu seharusnya membersihkan cache secara berkala karena cache pada whatsapp akan memakan kapasitas daya simpan ponsel.

4. Masalah pada kartu SIM

Jika masalahnya tidak terletak pada ponsel, maka bisa jadi kartu sim yang kamu gunakan bermasalah. Pasalnya, kartu SIM yang rusak bisa menjadi error dan tidak terbaca oleh Whatsapp.

Cara Mengatasi Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka

1. Rutin Melakukan Pembaharuan

Sebaiknya kamu tidak mengabaikan notifikasi pembaharuan yang muncul pada ponsel. Memperbaharui sistem operasi dapat meminimalisasi bugs pada aplikasi sehingga kamu tidak mengalami masalah saat membukanya. 

2. Menggunakan Kartu Memori Eksternal

Meski cache pada WhatsApp telah dihapus, permasalahan lagging atau hang akan kembali terjadi jika tak ada ruang yang cukup pada memori internal ponsel. Untuk itu, disarankan agar kamu menambah ruang penyimpanan pada ponsel dengan menggunakan kartu memori eksternal. 

3. Memastikan Jaringan Internet agar Lebih Stabil

Pastikan jaringan internet yang kamu gunakan stabil. Jaringan yang terganggu akan membuat kamu kesulitan saat membuka atau menjalankan WhatsApp.

4. Restart Ponsel

Jika masalahnya terletak pada kartu SIM, maka langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah me-restart ulang ponsel dengan mematikan lalu menghidupkannya kembali. jadi, kamu tidak perlu buru-buru mengganti kartu SIM karena umumnya cara ini berhasil dilakukan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading