Sukses

Lifestyle

3 Penyebab Televisi Mati Sendiri yang Jarang Disadari Penggunanya

Fimela.com, Jakarta Bagi keluarga di rumah, televisi merupakan salah satu sarana hiburan yang paling banyak digunakan. Meskipun setiap orang kini bisa dengan mudah melihat siaran lewat media sosial dan youtube, namun televisi nyatanya masih digunakan sampai saat ini.

Biasanya waktu yang paling tepat untuk menonton televisi bersama keluarga adalah ketika sore dan malam hari. Lalu, bagaimana jika televisi di rumah tiba-tiba mati sendiri?

Untuk kamu yang tidak paham mengenai mesin atau komponen televisi pasti akan panik dan menganggap televisi sudah rusak. Padahal ada beberapa faktor yang menyebabkan televisi mati sendiri. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 3 penyebab televisi mati sendiri yang jarang disadari penggunanya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Komponen dalam Televisi Tidak Terpasang dengan Sempurna

Penyebab pertama televisi mati sendiri secara tiba-tiba ialah karena ada beberapa komponen yang tidak merekat dengan sempurna. Lebih tepatnya ada masalah pada timah yang tidak lagi menempel, kamu bisa melihatnya jika terdapat retakan disekitar timah.

Jika tidak benar benar merekat maka komponen tidak akan berfungsi dengan baik, lebih tepatnya komponen menjadi longgar, ini adalah alasan kenapa televisi mati sendiri. Bagaimana cara mengatasinya?

Tentu akan cukup sulit, terutama jika kamu bukan orang yang memahami barang-barang elektronik. Untuk mengatasinya, kamu perlu membongkar TV dan mengecek satu persatu komponen pada mesin, apakah ada yang longgar atau tidak, atau ada retakan atau tidak. 

Supaya lebih praktis, kamu bisa langsung membawa teelvisi ke tempat servis barang elektronik terdekat atau memanggil teknisi untuk membenarkannya di rumah. 

 

2. Transistor Horizontal yang Bermasalah

Transistor horizontal yang bermasalah juga dapat memicu televisi mati sendiri. Saat transistor horizontal bermasalah, tampilan layar televisi juga akan ikut bermasalah. Bagaimana cara mengatasinya? 

Tenang, kali ini solusinya tidak terlalu rumit, kamu hanya perlu memeriksa kondisi fisiknya saja, apakah terlihat terbakar atau panas sekali ketika disentuh.

Jika terlihat ada bekas terbakar kemungkinan memang sudah rusak, tetapi ketika disentuh terasa panas sekali berarti transistor horizontal tersebut memang perlu diganti dan sudah drop, jika tidak segera diganti kemungkinan akan merambat pada komponen yang lainnya.

3. Komponen Elco yang Bermasalah

Terakhir, untuk memastikan penyebab televisi yang mati sendiri secara mendadak, kamu bisa mengecek komponen lainnya yang ada pada televisi. Salah satu yang perlu diperhatikan ialah komponen seperti Elco. Biasanya masalah pada elco bisa dilihat dari fisik yang sudah berubah bentuk yaitu menggelembung, retak, dan terdapat bekas seperti terbakar.

Jika menemukan ciri seperti itu, maka disarankan agar kamu segera menggantinya sesuai dengan ukuran agar tidak ada masalah lagi nantinya. Jadi, silakan periksa masing masing komponen yang berhubungan dengan layar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading