Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengelola Keuangan Jelang Lebaran agar Tidak Boros

Fimela.com, Jakarta Tunjangan Hari Raya (THR) telah diterima maximal seminggu sebelum Lebaran. Dana tersebut justru membuat keuangan tidak terkontrol karena rasa antusias merayakan Hari Raya.

Mulai dari membeli pakaian berlebihan, kue, hingga keperluan mudik. Apalagi jika mudik menggunakan jalur udara, sudah dipastikan memerluan biaya yang tidak sedikit.

Lalu bagaimana agar bisa mengkontrol keuangan saat Lebaran agar tidak boncos? Melansir berbagai sumber, berikut tipsnya.

1. Hitung secara detail dan catat dana untuk keperluan mudik dan hari raya

Hal pertama yang bisa dilakukan ialah, mencatat semua keperluan Lebaran. Mulai dari harus berapa membeli pakaian untun diri sendiri atau keluarga, hampers yang akan diberikan, kue dan makanan yang disajikan untuk lebaran, THR untuk sanak saudara, hingga pengeluaran mudik.

Tulis dengan detail budget dari keperluan tersebut. Hingga disesuikan dengan THR. Dan sebaiknya tidak menggunakan gaji bulan tersebut apalagi tabungan. Dengan menulisnya, sahabat Fimela bisa mengontrol pengeluaran. 

2. Sisihkan dana dari THR untuk ditabung

Setelah dicatat, pastikan jangan menghabiskan semua THR. Baiknya sisihkan untuk ditabung untuk masa depan yang lebih baik. 

Apalagi jika ada dana tak terduga, jika ada tabungan kita tidak akan kebingungan hingga meminjam orang lain. Maka itulah pentingnya menabung. 

3. Hindari godaan diskon belanja online, serta beli seperlunya saja

Saat Lebaran tentu diskon bertebaran, apalagi saat ini belanja semakin mudah dengan belanja online.Tetap memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan agar tidak over budget. 

Namun, sebaiknya jangan tergoda dan fokus dengan apa yang sudah dianggarakan tadi. Cek kembali anggaran yang sudah disusun, apakah kebutuhan yang dicatat itu memang dibutuhkan atau masih bisa dikesampingkan.

4. Usahakan jangan keluarkan dana diluar yang sudah dicatat

Saat ingin berbelanja jangan lupa untuk selalu ingat dengan apa yang sudah dicatat. Jika tidak ada dicatatan, baiknya urungkan niat agar uang yang digunakan tidak berlebihan. 

Sesuaikan dengan kondisi keuangan yang kita punya sehingga tidak menyebabkan pengeluaran yang membludak, apa lagi sampai harus meminjam kepada teman bahkan terjerat pinjaman online.

Bisa juga gunakan ialah menggunakan fasilitas dari GetPaid yang meggunakan sistem EWA karyawan dapat menarik gaji lebih awal sebelum tanggal gajian yang seharusnya atau bisa kita sebut dengan kasbon online.

“Dengan sistem kasbon online ini sangat menguntungkan bagi perusahaan dan karyawan karena tidak menganggu cashflow perusahaan, perusahaan hanya perlu melakukan kerjasama dengan GetPaid dan fasilitas ini dapat digunakan” Ujar Joses Tjohjono Director Regional GetPaid. 

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading