Sukses

Lifestyle

4 Tips Mengatasi Kecanduan Belanja Online, Apalagi di Tengah THR Sudah Cair!

Fimela.com, Jakarta Orang yang kecandual belanja juga disebut orang yang terlalu konsumtif. Tanda-tanda peringatan untuk kecanduan belanja sering kali berbeda-beda, pada setiap orang. Belanja karena emosi atau tekanan emosional, akan membuatmu bertindak terlalu konsumtif.

Terlebih hidup di zaman serba modern, kita dapat melakukan belanja hanya melalui aplikasi di ponsel. Nah, pastinya ada cara yang dapat membantumu agar tidak kecanduan belanja untuk mengamankan isi dompetmu yang semakin menipis. Penasaran? Yuk, simak caranya di bawah ini.

1. Berhenti Berlangganan

Salah satu cara terbaik untuk menjaga diri dari pengeluaran berlebihan adalah dengan menghindari situasi yang menggodamu untuk membelanjakan uang. Banyak dari kita, menghabiskan berjam-jam sehari di perangkat digital dan oleh karena itu berlangganan banyak email toko yang menawarkan penawaran dan diskon kepada kita. Jadi, jika kelemahanmu adalah belanja online, langkah pertama adalah mulai berhenti berlangganan email ini dan mengikuti akun di e-commerce

2. Lacak Uangmu

Apakah kamu yakin menyadari berapa banyak yang sebenarnya kamu belanjakan? Kebanyakan orang tidak melacak pengeluaran mereka setiap hari dan sering lupa berapa banyak yang mereka beli, belanjakan, dan apakah mereka benar-benar membutuhkannya atau tidak. Sebagai ide, kamu mungkin ingin mulai melacak setiap rupiah yang kamu belanjakan. Kamu akan dapat melihat kebiasaan dan pola pengeluaranmu dan di mana kamu gagal, untuk apa kamu menghabiskan sebagian besar uang dan bagaimana kamu dapat menabung. Ketika kamu dapat memvisualisasikan pola pengeluaran, kamu dapat menindaklanjutinya.

3. Pakai Uang Tuna Bukan Kartu Kredit saat Berbelanja

Seperti yang kita sebutkan, lebih sering daripada tidak, kita sering tidak menyadari berapa banyak yang kita belanjakan karena kita menggunakan kartu kredit. Kartu kredit sering memicu 'kecanduan' karena tampaknya tidak realistis.

Setelah kamu menghindari menggunakan kartu kredit, mulai dengan membawa uang tunia. Jika kamu kecanduan belanja, tujuannya adalah untuk menghentikan kebiasaan itu dan untuk melakukan ini, kamu perlu berkorban. Hanya menggunakan uang tunai dan membelanjakan uang tunai, adalah cara yang bagus untuk selalu mengingatkan diri sendiri bahwa kamu membelanjakan uang sungguhan.

4. Tetapkan Tujuan

Kamu juga dapat mencoba menetapkan sendiri beberapa tujuan keuangan. Itu bisa apa saja mulai dari menghemat untuk dana darurat' hingga 'menabung untuk liburan mewah. Dengan menetapkan tujuan, mengurangi pengeluaran uang akan tampak lebih mudah karena kamu akan memiliki alasan untuk menabung. Tujuannya di sini adalah untuk menciptakan jalur yang jelas antara menabung dan melakukan hal-hal yang kamu sukai juga. Menerapkan kebiasaan ini juga akan membuatmu tetap fokus pada sesuatu selain kecanduan, secara alami membantu mengurangi keinginan untuk membeli sesuatu.

Well, tetapkan batasanmu saat berbelanja, ya Sahabat Fimela. Pastikan kamu membuat anggaran dengan benar dan memilih kebutuhan mana yang lebih penting di dahulukan. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading