Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Anak Kucing yang Baru Lahir Mati

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah hewan peliharaan favorit banyak orang karena rupa dan tingkahnya yang sangat menggemaskan. Hewan ini memang aktif dan suka bergerak. Melompat ke meja, mengejar serangga, atau bermain dengan kucing lainnya. 

Ada beragam jenis kucing yang populer dipelihara banyak orang diantaranya, ada jenis maine coon, bermese, ragdoll, hingga persia. Tiap jenis kucing memiliki keunikannya masing-masing.

Jika dibandingkan dengan hewan peliharaan lain, merawat kucing tergolong sangat mudah. Meski begitu, anak kucing yang baru lahir seringkali mengalami kematian. Kira-kira apa penyebabnya? 

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab anak kucing yang baru lahir mati. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

1. Faktor Lingkungan

Anak kucing yang baru lahir bisa saja langsung mati karena faktor lingkungan. Lingkungan yang bersih dan tenang, membuat mental kucing juga menjadi lebih sehat.

Sebaliknya, jika kucing berada di lingkungan yang kotor, maka kondisi ini dapat meningkatkan risiko kematian.

Kemudian, faktor lingkungan saat induk kucing tengah hamil juga akan berdampak ke masalah kesehatan. Kucing bisa saja tertular penyakit cacingan dari kucing lainnya, karena berada di tempat litter box yang sama.

2. Faktor Manusia

Kucing memang hewan yang sangat menggemaskan, namun terlalu sering menyentuh atau mencubit anak kucing yang baru lahir dapat mengakibatkan anak kucing tersebut mati. Hal ini karena anak kucing masih sangat kecil dan membutuhkan susu induknya.

Perilaku pemilik kucing tersebut bisa meningkatkan risiko kematian anak kucing. Untuk itu, hindari memegang anak kucing yang baru lahir secara berlebihan.

3. Faktor Infeksi

Saat dilahirkan, anak kucing belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga tubuhnya rentan terinfeksi virus. Adapun infeksi virus yang kerap menyebabkan anak kucing baru lahir mati, yaitu virus panlekonia kucing (FPV).

Virus ini toidak hanya menyerang anak kucing yang baru lahir, namun juga dapat menyerang induk kucing. Saat induk kucing terinfeksi FPV, maka kucing dapat mengalami keguguran atau anak kucing mati di dalam kandungan. 

4. Faktor Suhu Lingkungan

Terakhir, suhu lingkungan dimana anak kucing dilahirkan juga dapat berdampak pada masa hidupnya. Pasalnya, kucing yang baru lahir tidak dapat menyesuaikan suhu dalam ruangan. Maka dari itu, usahakan anak kucing mendapatkan lingkungan dengan suhu yang hangat.

What's On Fimela
Loading