Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Motor Susah Dinyalakan yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Motor adalah salah satu kendaraan yang sering kita gunakan sehari-hari untuk beraktivitas. Tidak serumit mobil, mengendarai motor tentu lebih mudah.

Sayangnya, dalam kondisi tertentu, motor bisa saja menjadi sulit untuk dinyalakan atau dihidupkan. Kalu sudah begini, pasti kamu akan panik. 

Motor yang tidak bisa dinyalakan disebabkan karena ada komponen yang bermasalah didalamnya. Apakah saja itu?

Untuk kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab motor susah dinyalakan yang perlu diketahui. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Aki Motor Mengalami Kerusakan

Aki motor sebagai salah satu komponen vital dapat menyebabkan motor sulit dihidupkan. Aki merupakan sumber utama sistem listrik motor. Untuk kendaraan roda dua dengan starter listrik pasti bergantung pada fungsi aki.

Seharusnya kamu mengganti aki secara berkala. Jika tidak, maka aki tidak akan bisa menopang kinerja motor. Jika klakson, lampu, dan starter motor tidak berfungsi, itu tandanya kamu harus segera mengganti aki agar motor tetap bisa dinyalakan. 

2. Aliran Bahan Bakar Tersumbat

Berikutnya, faktor lain yang juga menyebabkan motor sulit dinyalakan ialah karena aliran bahan bakar pada motor tersumbat. Saat aliran bahan bakar tersumbat, tangki akan menyuplai bensin dengan tekanan rendah, maka dari itu motor sulit dinyalakan.

Untuk mengatasinya, kamu perlu membuka sumbatan dengan kawat, jarum, atau meniup selang aliran bahan bakar.

3. Tuas Kopling Bermasalah

Saat kamu menyalakan motor dan memindah transmisi gir, kamu perlu menarik tuas kopling dengan layak. Akan tetapi, kadang tuas kopling tidak berfungsi dengan benar dan motor tak bisa dinyalakan. Dalam kasus tertentu, masalah ini bisa diselesaikan dengan transmisi gir dalam posisi netral, lalu kamu bisa mencoba lagi menyalakan motor.

4. Knalpot Motor Tersumbat

Tidak hanya aliran bahan bakar saja yang bisa tersumbat, knalpot motor juga termasuk didalamnya. Saat knalpot motor mengalami sumbatan, maka motor tidak akan bisa dinyalakan. Pemicu sumbatan pada knalpot juga beragam, dan bisa saja karena keisengan seseorang. Jadi, kamu harus memeriksa knalpot motormu karena bisa ada benda asing di dalamnya.

5. Busi Motor sudah Aus

Sebagai salah satu komponen penting di motor, busi yang sudah aus ternyata membuat motor susah untuk dinyalakan mesinnya. Meskipun terdengarnya sangat teknis, namun kamu tidak perlu menjadi mekanik untuk mengatasi masalah ini. Cukup cabut busi, ganti yang baru, dan coba lagi nyalakan motor.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading