Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Mobil Terbakar Akibat Penggunaan yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Salah satu kendaraan yang sering digunakan banyak orang untuk beraktivitas sehari-hari selain motor adalah mobil. Banyak orang memilih untuk berkendara dengan mobil karena faktor kenyamanan dan juga kebutuhan.

Sayangnya, kendaraan mobil juga tidak luput dari masalah, sebab akibat penggunaan, mobil bisa saja terbakar. lalu, apa  yang membuat mobil terbakar?

Ada banyak pemicunya, selain karena efek penggunaan, perawatan mobil yang buruk juga dapat merusak komponen mesin yang ada di dalam mobil.  Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab mobil terbakar akibat penggunaan yang perlu diketahui. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Mesin Mobil Mengalami Overheating

Penyebab pertama mobil terbakar ialah karena mesin mobil mengalami overheating. Hal ini bisa terjadi jika kamu menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lama sehingga mobil mengalami peningkatan suhu.

Mesin yang bekerja terlalu keras juga dapat menyebabkan kendaraan terbakar. Pasalnya, kondisi mesin yang memanas dapat meningkatkan suhu pada oli yang akhirnya menyebabkan kebocoran dan memicu api.

 

2. Bahan Bakar Mobil Mengalami Kebocoran

Bahan bakar dan oli merupakan salah satu komponen dalam mobil yang berisiko bocor. Saat mobil sedang dinyalakan, maka ruang penyimpanan oli dan bahan bakar akan mudah memanas.

Tak hanya oli dan bahan bakar, cairan lain seperti solar, cairan pendingin mobil, power steering, dan transmisi juga dapat menjadi salah satu pemicu terbakarnya mobil. Lalu, bagaimana cara menanganinya?

Mudah saja, kamu hanya perlu melakukan perawatan mobil secara rutin sehingga kebocoran oli ataupun bahan bakar dapat segera diatasi. 

3. Masalah Korsleting pada Mobil

Mobil memiliki aliran listrik yang mudah mengalami kerusakan. Salah satu hal yang menjadi penyebab rusaknya sistem kelistrikan adalah kondisi oli mobil yang bermasalah. 

Rusaknya aliran listrik dapat memicu timbunan gas hidrogen pada bagian mesin mobil terdalam. Gas inilah yang membuat mobil terbakar.

Sebagai pengguna mobil, kamu perlu mengetahui bahwa sistem kelistrikan mobil tersebar hampir ke seluruh bagian mobil. Jadi, apabila terdapat satu bagian listrik yang mengalami kerusakan maka kerusakan ini dapat membuat mobil terbakar. 

4. Perawatan Kendaraan yang Buruk

Seperti yang sudah disinggung, perawatan mobil seharusnya memang dilakukan secara rutin. Sebab jika tidak, maka komponen mesin yang ada di dalam mobil akan bermasalah dan hal ini dapat menyebabkan mobil terbakar. Terutama untuk kamu yang selalu menggunakan mobil untuk beraktivitas,  tentunya kamu harus rajin merawat mobil tersebut agar kondisinya tetap prima.

5. Faktor Cacat Kendaraan

Terakhir, mobil juga dapat terbakar karena faktor cacat kendaraan. Hal ini dapat terjadi karena adanya kelalaian dalam produksi mobil yang menjadikannya berbahaya. 

Mobil yang cacat tak selalu menjadi penyebab mobil terbakar. Namun jika bagian cacat dibiarkan, tentu akan mengganggu kenyamanan pengemudi dan dampaknya dalam jangka panjang bisa memicu mobil terbakar. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk teliti kendaraan yang akan kamu beli untuk memastikan kondisinya. 

 

What's On Fimela
Loading