Sukses

Lifestyle

Hari Tari Sedunia, Inilah 5 Tarian Tradisional Indonesia yang Mendunia

Fimela.com, Jakarta Setiap tanggal 29 April diperingati sebagai Hari Tari Sedunia. Tahun ini merupakan peringatan ke-40.

Melansir dari International Dance Day, Hari Tari Sedunia digagas pada 29 April tahun 1982 oleh Komite Tari International Theater Institute (ITI). Ini bertepatan dengan lahirnya pencipta balet modern, Jean-Georges Noverre (1727-1810).

Peringatan Hari Tari Sedunia digagas dengan tujuan untuk merayakan tarian dan menikmati universalitas bentuk seni yang melintasi politik, budaya, dan etnis. Serta menyatukan semua orang dari berbagai suku dalam bahasa yang sama yaitu menari.

Berbicara mengenai tarian, Indonesia memiliki berbagai tari tradisional yang mendunia lho, Sahabat Fimela. Penasaran apa saja? Simak berikut ini selengkapnya.

 

1. Tari Saman

Siapa yang tak kenal Tari Saman? tarian tradisional asal Suku Gayo ini bahkan telah ditetapkan sebagai ‘Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity’ oleh UNESCO pada tahun 2011 lho, Sahabat Fimela.

Biasanya, tarian ini dilakukan untuk memperingati hari-hari adat masyarakat Aceh atau memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Keunikan tarian ini terletak pada gerakan tangan yang cepat dan seirama yang dibawakan sekelompok penari berjumlah ganjil.

Tari Saman sudah mendunia karena sering dipentaskan di festival-festival tari internasional. Bahkan, tarian ini ramai dibicarakan publik saat ditampilkan di ajang Asian Games tahun 2018.

2. Tari Jaipong

Berasal dari Jawa Barat, tari Jaipong merupakan tari pergaulan yang menggabungkan beberapa seni tradisional seperti pencak silat, wayang golek, ketuk tilu dan lainnya.

Pencipta tarian ini adalah H. Suanda, pria asal Karawang. Tarian ini mulai dipopulerkan pada tahun 1960-an melalui media kaset bernama Suanda Grup.

3. Tari Kecak

Pencipta tari Kecak adalah seniman asal Bali bernama Wayan Limbak dan pelukis asal Jerman, Walter Spies. Keunikan tarian ini terletak pada puluhan laki-laki yang duduk sambil membentuk lingkaran dan bernyanyi.

Tari Kecak telah mendunia, bahkan menjadi bagian dari kurikulum mahasiswa Victorian College of the Arts (VCA) yang merupakan bagian dari Universitas Melbourne.

4. Tari Topeng

Jenis tarian satu ini kerap ditemui di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Cirebon, Betawi, Magelang, Bali, dan Malang. Pencipta tarian ini adalah Mbah Karimun, pria asal Dusun Kedungmonggo, Kabupaten Malang.

Awalnya, tari topeng adalah tarian di lingkungan keraton. Namun seiring berjalannya waktu, tari ini dianggap tarian rakyat.

Tahukah kamu? tari topeng pernah tampil dalam proyek film band asal Inggris Coldplay yang berjudul “Amazing Day”. Keren banget ya!

5. Tari Piring

Jenis tarian tradisional Indonesia lainnya yang mendunia adalah Tari Piring. Sesuai namanya, tarian ini menampilkan atraksi menggunakan piring.

Diciptakan oleh Huriah Adam, awalnya tarian asal Minangkabau ini merupakan ritual ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan  hasil panen yang melimpah ruah.

Namun setelah masuknya agama Islam ke Minangkabau, tradisi tari piring tidak lagi dilakuka sebagai ritual. Melainkan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat. Tarian ini sudah mendunia bahkan memboyong medali emas pada kejuaraan World Cup of Folklore pada tahun 2018.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading