Sukses

Lifestyle

4 Faktor Penyebab Ponsel Meledak yang Patut Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Ponsel kini sudah menjadi kebutuhan penting bagi kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ponsel juga menjadi barang yang selalu kita bawa kemana pun kita pergi.

Bahkan karena begitu pentingnya ponsel, terkadang ada orang-orang yang lebih rela kehilangan dompetnya daripada ponselnya. Hal ini menunjukkan adanya ketergantungan juga antara manusia dengan ponsel.

Sayangnya, penggunaan dalam jangka waktu lama yang tidak benar dapat membuat kerusakan parah pada ponsel. Ponsel bisa saja meledak dan hal ini pastinya akan sangat berbahaya. 

Lalu, apa saja hal-hal yang menyebabkan ponsel meledak? Kamu perlu mengetahuinya agar terhindar dari bahaya ponsel meledak dan kerusakan lainnya. 

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 4 penyebab ponsel meledak yang patut diwaspadai. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Kondisi Baterai yang Sudah Rusak

Penyebab ponsel meledak yang pertama ialah karena dipicu masalah baterai. Pasalnya, kondisi baterai yang sudah rusak dapat menyebabkan ponsel meledak.

Jika kamu terus menggunakan baterai yang sudah cacat, maka kebiasaan ini menimbulkan korsleting dan menyebabkan ponsel meledak. Baterai yang sudah tidak layak pakai juga biasanya akan menggembung.

2. Kualitas Produk Charger yang Digunakan Rendah

Selain baterai, kualitas produk charher yang kita gunakan juga dapat memicu ponsel meledak. Hal ini karena pemakaian charger berkualitas rendah dapat memperpendek umur ponsel.

Kemudian, sebaiknya hindari juga kebiasaan mengisi baterai ponsel secara sembarang dengan asal menggunakan charger. Tidak semua charger memiliki fitur yang sama. Jadi, bukan tidak mungkin proses pengisian daya baterai terganggu hingga menyebabkan ponsel meledak. 

3. Ponsel Kepanasan

Terkadang tanpa sadar, kita sering meletakkan ponsel sembarangan. Bahayanya, jika kamu menaruh ponsel di tempat yang dekat dengan sumber panas, seperti kompor, lampu, pemanas ruangan, maupun perangkat elektronik lain, hal ini bisa memicu ponsel menjadi panas. Saat baterai kepanasan akan terjadi reaksi penambahan temperatur yang memicu ledakan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu perlu berhati-hati saat menempatkan ponsel. Jauhkan ponsel dari area sumber panas dan perangkat elektronik lainnya. 

4. Ponsel Sering Terjatuh

Selanjutnya, penyebab lain yang bisa memicu ponsel meledak ialah ketika ponsel sering terjatuh. Mungkin ini hal sepele, namun jika kamu terlalu sering menjatukan ponsel, maka kondisi ponsel pun akan rusak hingga menyebabkan ponsel meledak.

Maka dari itu, sebaiknya kamu perlu berharti-hati saat memegang dan menggunakan ponsel. Jika perlu, lapisi ponsel dengan casing yang dapat memperkecil dampak kerusakan pada ponsel akibat terjatuh. 

What's On Fimela
Loading