Sukses

Lifestyle

3 Penyebab Speaker Ponsel Rusak yang Jarang Disadari, Begini Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Salah satu komponen vital pada ponsel yang sengat dibutuhkan oleh penggunanya adalah speaker atau komponen pengeras suara yang terpasang di dalam ponsel. Jika speaker rusak, maka suara tidak bisa muncul dari ponsel, atau ketika muncul pun kualitas suaranya sangat buruk. 

Tentu saja hal ini cukup mengesalkan. Ketika speaker rusak, maka ponsel pun tidak bisa berfungsi secara maksimal. Alhasil aktivitas kita saat menggunakan ponsel juga bisa terganggu. 

Speaker ponsel yang rusak sebenarnya disebabkan oleh penggunanya itu sendiri. Ada beberapa kebiasaan buruk saat menggunakan ponsel yang tidak kita sadari dapat membuat speaker rusak. Apa sajakah itu?

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 3 penyebab speaker ponsel rusak yang jarang disadari beserta cara mengatasinya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Speaker Rusak Akibat Pemakaian

1. Ponsel Terkena Air

Kebiasaan ini seringkali dianggap sebagai hal sepele, apalagi jika ponsel memiliki fitur anti air. Padahal, ponsel yang kemasukan air bisa menyebabkan kerusakan pada sistemnya. 

Pasalnya, lubang suaranya terletak di bagian terluar sehingga air dapat masuk dengan mudah. Air yang masuk bisa merusak jaringan sirkuit di dalam speaker.

Setelah air masuk ke dalam lubang speaker ponsel, sirkuit tersebut lama-kelamaan bisa berkarat. Maka dari itu, berhati-hatilah saat memegang handphone agar tidak kemasukan air. 

2. Debu yang Menumpuk pada Ponsel

Selain air, penyebab lain speaker bisa rusak adalah kotoran debu yang menumpuk. Lubang-lubang speaker berpotensi dimasuki debu dengan mudah. Tumpukan debu yang tidak dibersihkan dapat mengakibatkan suara yang keluar akan terhalang. Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan speaker agar terhindar dari debu.

3. Sering Menggunakan Speaker dengan Volume Maksimal

Selain dapat membuat speaker rusak, kebiasaan menggunakan speaker dengan volume maksimal juga tidak baik untuk kesehatan telinga. 

Volume yang maksimal dapat menambah beban speaker. Membran yang ada di amplifier akan menerima lebih banyak getaran apabila semakin sering mendengar suara dengan volume maksimal. Akibatnya, membran tersebut lebih cepat sobek.

Cara Mengatasi Speaker Ponsel yang Rusak

1.Mmerika Pengaturan Volume Suara 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat speaker ponsel tiba-tiba tak bersuara adalah memerika pengaturan volumenya.

Jika kamu tidak bisa mendengar suara lawan bicaramu selama percakapan, coba cek apakah fungsi speaker aktif. Jika memang aktif, ikon speaker akan berwarna dan menyala. Jika tidak, ketuk ikon speaker maka fungsinya akan aktif dan bisa digunakan.

Cek juga volume speakernya, tekan tombol volume naik pada smartphonemu. Tombol ini biasanya terletak di sisi kiri hampir di semua ponsel. Tekan tombol itu untuk melihat indikator level volume.

2. Melakukan Restart pada Ponsel

Jika cara yang pertama tidak berhasil, kamu bisa melakukan restart pada ponselmu. Memilih restart sering kali bisa menyelesaikan masalah gangguan program perangkat lunak yang mungkin menyebabkan speaker tidak berfungsi.

Tekan dan tahan tombol power sampai kamu melihat adanya opsi di layar smartphone. Ketuk restart untuk mengulang pengaturan smartphonemu.

3. Periksa Kondisi Speaker

Berikutnya, kamu juga disarankan untuk mengecek dan membersihkan speaker. Speaker ponsel mungkin saja kotor atau tersumbat, maka coba bersihkan agar suara dari speaker bisa jelas. Sebelum dibersihkan, matikan speaker terlebih dahulu.

Sebaiknya gunakan kompresor udara untuk meniup debu dalam speaker. Kamu mungkin menemukan adanya sumbatan lain dalam speaker yang menghambat fungsinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading