Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Banjir Bandang Akibat Ulah Manusia yang Perlu Diketahui

Fimela.com, Jakarta Banjir bandang merupakan bencana yang sering terjadi di banyak wilayah di Indonesia. Bencana yang satu ini umumnya disebabkan karena curha hujan yang sangat tinggi. 

Hujan yang sukar reda dan pengelolaan lingkungan yang buruk dapat menyebabkan banjir. Air hujan akan menggenangi jalan dan masuk ke rumah. Tentunya kondisi ini dapat berdampak negatif bagi kehidupan masyarakat. 

Selain karena curha hujan yang tinggi akibat faktor alam. Banjir bandang juga bisa disebabkan oleh ulah manusia yang tidak menjaga lingkungan. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 4 penyebab banjir bandang yang perlu diketahui. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Membuang Sampah Sembarangan

Banjir bandang bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan. Tidak tertib membuang sampah juga dapat menghambat aliran sungai, yang akhirnya memicu banjir bandang. Saat sampah sudah menumpuk dan tersangkut, hal ini akan membuat aliran sungai akan berhenti dan volumenya akan semakin membesar.

2. Aktivitas Penebangan Hutan secara Liar

Berikutnya, aktivitas lainnya yang juga dapat menyebabkan banjir bandang ialah penebangan hutan secara liar atau ilegal. Pasalnya, pohon memiliki peranan penting untuk meresap air yang jatuh ke tanah.

Saat pohon ditebangi secara massal, maka tidak ada lagi yang akan menyerap air atau menahan air hujan. Akibatnya, suatu area atau wilayah akan mudah mengalami banjir bandang saat musim hujan tiba. 

Selain itu, penebangan hutan yang dilakukan secara liar juga bisa meningkatkan risiko tanah longsor. Bencana longsor terjadi karena tidak mempunyai tanah untuk menahan beban dari air yang terus menerus menerpa.

3. Masalah pada Bendungan Air

Bendungan yang berfungsi untuk menampung air pada musim hujan dan mengalirkannya saat musim kemarau memiliki peranan penting dalam peristiwa banjir bandang. Sebab, jika bendungan rusak, maka air hujan tidak bisa ditampung dan akhirnya akan merendam rumah-rumah atau bangunan disekitarnya. 

Bendungan bisa saja mengalami kerusakan atau jebol ketika usianya memang sudah tua atau tidak mendapatkan perawatan yang baik. Jika curah hujan terlalu tinggi, makan bendungan bisa saja jebol. 

 

4. Maraknya Bangunan di Daerah Resapan Air

Bangunan yang tinggi dan megah memang menjadi ikon tersendiri bagi setiap daerah. Namun, jika bangunan tersebut dibangun di wilayah resapan air, maka hal ini akan mengakibatkan banjir bandang saat musim hujan tiba. 

Selain itu, banyaknya bangunan di daerah resapan juga akan mempercepat laju aliran air hujan dengan volume yang besar. Maka dari itu, diperlukan sistem drainase untuk mencegah terjadinya banjir bandang dan agar air hujan juga tetap dapat ditampung sehingga tidak menyebar atau merendam bangunan dan rumah warga. 

Sahabat Fimela, itulah beberapa penyabab banjir bandang akibat ulah manusia. Bagian yang paling terpenting untuk mencegah bencana ini ialah dengan tata kelola wilayah yang baik dan menjaga lingkungan dari sampah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading