Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Gigi Keropos di Usia Muda yang Perlu Diperhatikan

Fimela.com, Jakarta Masalah gigi keropos tidak memandang umur, bahkan kamu yang masih muda pun bisa mengalaminya. Gigi keropos di usia muda umumnya disebabkan oleh berbagai kondisi atau kebiasaan.

Gigi keropos dapat terjadi karena enamel atau penutup luar gigi yang merupakan zat terkuat di tubuh mengalami pukulan yang kuat atau kehausan yang berlebihan. Alhasil, gigi pun terkelupas dan permukaannya menjadi tajam, lunak, dan rapuh.

Melacak penyebab gigi keropos di usia muda dapat menjadi tindakan preventif dalam perawatan gigi agar kamu segera mendapatkan penanganan yang tepat. Lalu, apa saja penyebabnya?

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab gigi keropos di usia muda yang perlu diperhatikan. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Mengonsumsi Makanan Manis secara Berlebihan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dapat menyebabkan gigi keropos di usia muda. Hal ini karena kebanyakan mengonsumsi gula akan menyebabkan masalah pada kesehatan gigi. 

Pasalnya, makanan kenyal seperti permen karet atau buah kering yang tersangkut di antara gigi dapat membuat gigi rusak. Oleh karena itu, setelah mengonsumsi makanan manis, disarankan agar kamu menyikat gigi dengan benar dan teliti agar partikel makanan yang tersangkut dapat hilang. 

2. Sering Mengonsumsi Minuman Bersoda

Soda memang minuman favorit banyak bagi banyak orang, tetapi minuman ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan gigi. Hal ini bukan karena masalah kandungan gula yang ada pada soda saja, tetapi juga sangat asam. Kombinasi kedua faktor ini menjadikan soda salah satu minuman terburuk di pasaran untuk gigi dan menjadi penyebab gigi rapuh.

3. Mengonsumsi Makanan Asam

Selain makanan manis, makanan asam juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Pasalnya, asam dapat melemahkan email gigi dan juga memicu demineralisasi sehingga menyebabkan gigi rapuh.

Adapun beberapa makanan asam yang patut dihindari diantaranya, buah jeruk, saus tomat, dan cuka. Disarankan agar kamu mengonsumsi banyak air mineral setelah mengonsumsi makanan asam. 

4. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Rutin menyikat gigi setiap hari memang penting, namun jika kamu menyikatnya terlalu keras, maka hal itu dapat membuat gigi keropos. Sebab, menyikat gigi terlalu keras dapat membuat enamel gigi melemah. 

Enamel gigi adalah pertahanan terkuat untuk melawan bakteri, jadi pastikan membeli sikat gigi berbulu lembut dan tunggu setidaknya 30 menit setelah makan agar email memiliki kesempatan untuk mengeras kembali.

5. Kebiasaan Menggigit Benda

Terakhir, gigi keropos di usia muda disebabkan karena kebiasaan buruk menggigit benda yang bukan makanan. Menggunakan gigi untuk mengigit selain mengunyah makanan dapat menyebabkan gigi terkelupas dan masalah lainnya.

Hal ini juga berlaku untuk kamu yang hobi mengunyah es batu. Hal ini karena tekstur keras pada es batu membuat gigi kita terlalu tegang untuk dihancurkan. 

 

Ladies, itulah beberapa penyebab gigi keropos di usia muda yang perlu kamu perhatikan. Mengindari penyebabnya dapat menjadi langkah preventif yang baik untuk merawat kesehatan gigi. 

What's On Fimela
Loading