Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenangkan Diri saat Rasa Cemas Mendadak Menghampiri

Fimela.com, Jakarta Selama masih hidup, kita akan mengalami berbagai macam atau jenis stres di fase-fase tertentu. Dengan naik turunnya persoalan dan perubahan yang terus terjadi, kadang kita akan makin sering dihampiri rasa gelisah. Bahkan rasa cemas bisa mendadak menghampiri tanpa kita ketahui penyebab pastinya.

Saat rasa cemas mendadak menghampiri, kita bisa melakukan sejumlah cara sederhana untuk menenangkan diri kembali. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bantu meredakan kecemasan yang muncul tiba-tiba. Berikut uraiannya.

 

 

1. Buat Target Realistis

Melansir laman Lifehack.org, dalam membuat target ada baiknya kita membuatnya tetap menantang tapi bisa dicapai dengan kerja keras dan tekad kuat. Sebab dalam mencapai target tertentu, selalu ada stres dan tantangan yang perlu kita taklukkan. Sehingga kita perlu senantiasa mempersiapkan diri menghadapi hal-hal yang tak pasti tersebut. Dengan begitu, kita tak akan merasa cemas berlebihan.

 

 

2. Buat Batasan Jelas

Saat kita membuat batasan jelas dan tegas, kita memberi ruang pada diri sendiri untuk memproses lebih banyak hal dengan pikiran yang lebih jernih. Misalnya, ketika rasa cemas makin sering muncul tiap kali membuka media sosial, kita bisa coba untuk rehat sejenak dari media sosial dan melakukan detoks medsos. Kita perlu membuat batasan agar kita bisa lebih menata pikiran dan aspek-aspek kehidupan yang lain.

 

 

3. Tata Ulang Prioritas

Biasanya rasa cemas muncul karena ada begitu banyak masalah atau persoalan yang harus dikerjakan bersamaan. Untuk meredakan kecemasan yang ada, kita bisa menata ulang prioritas. Kerjakan dan dahulukan hal-hal yang penting dan darurat sebelum beralih ke hal-hal lain yang tidak terlalu penting.

 

 

4. Pahami bahwa Hidup Ini Ibarat Lari Maraton

Saat kita merasa cemas tanpa alasan yang jelas, salah satu cara terbaik untuk menyikapinya adalah dengan tidak buru-buru. Hidup ini ibarat lari maraton. Untuk bisa bertahan dan mencapai garis akhir, kita perlu lari dengan kecepatan yang sesuai dengan kemampuan kita. Tak harus buru-buru atau tergesa-gesa. Maka, coba untuk memperlambat hal-hal yang ada atau melakukan aktivitas dengan lebih perlahan.

 

 

5. Bernapas dengan Sadar

Maksudnya adalah lakukan latihan pernapasan dengan lebih perlahan dan tenang. Bernapaslah dengan menghadirkan kesadaran yang lebih penuh. Saat kita bisa mengatur napas dengan lebih baik, rasa cemas bisa reda dengan sendirinya. Detak jantung pun bisa kembali normal saat napas sudah lebih baik.

Saat rasa cemas datang tanpa tahu sebab yang pasti, coba untuk terima rasa itu. Lalu, lakukan hal-hal seperti yang disebutkan di atas. Namun, kalau rasa cemas datang bersamaan dengan gejala depresi, ada baiknya untuk mencari bantuan profesional ke psikiater atau psikolog untuk mendapat penanganan yang lebih tepat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading