Sukses

Lifestyle

Menstruasi Bukan Halangan, Begini Rahasia agar Bisa Menjalani Aktivitas dengan Nyaman

Fimela.com, Jakarta Punya banyak kesibukan sehari-hari, tiba-tiba nyeri karena menstruasi menyerang. Pastinya bisa mengganggu kegiatan sehari-hari dong. Rasa nyeri saat datang bulan sebenarnya wajar dialami, tapi kalau sampai bikin nggak fokus menjalani aktivitas sehari-hari jelas bukan hal yang baik.

Tapi, menstruasi bukan halangan kok. Begini rahasia biar bisa menjalani aktivitas dengan nyaman.

Minimalisir Migrain dengan Kafein

Sering mengalami migrain ketika menstruasi tiba? Nggak bisa disepelekan karena kondisi tersebut bisa membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Namun, kamu bisa meminimalisir masalah tersebut dengan mengonsumsi kafein, lho.

Kandungan kafein yang ada pada kopi dipercaya bisa bekerja menyempitkan pembuluh darah, sehingga meminimalisir migrain yang datang. Namun, perhatikan asupan kafein juga karena jika terlalu banyak bisa memberikan efek negatif lainnya.

Redakan Kram Perut yang Mengganggu

Kram perut jadi salah satu gejala haid yang biasa dialami di hari-hari pertama. Hal ini terjadi karena kontraksi otot rahim saat meluruhkan lapisan pada dinding rahim. Kram perut bisa jadi sangat mengganggu, tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakannya.

Kompres hangat perut bisa jadi salah satu cara untuk meredakan gejala kram yang datang. Selain itu, perbanyak minum air putih juga dianjurkan. Jika memang sakitnya sudah nggak tertahankan, konsumsi obat pereda nyeri bisa dilakukan asal sesuai dengan dosis dan petunjuk dokter.

Pilih Makanan yang Dikonsumsi

Asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ternyata dapat mempengaruhi kondisi saat menstruasi. Sebaiknya hindari konsumsi makanan berlemak seperti kentang goreng, donat, dan makanan gorengan lainnya. Makanan tersebut bisa memicu perut kembung hingga memperparah kram yang dialami.

Sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk menyeimbangkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Kacang-kacangan, biji-bijian hingga buah seperti alpukat yang mengandung lemak tak jenuh dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan saat datang bulan.

Rutin Olahraga

Ini dia salah satu kebiasaan yang mungkin banyak dilewatkan perempuan saat sedang haid. Bukannya malah mager, momen menstruasi sebaiknya dimanfaatkan untuk menggerakkan tubuh. Selain berperan untuk melancarkan aliran darah, olahraga juga membantu mengurangi produksi hormon prostaglandin yang memicu sinyal tubuh untuk mengirimkan rasa sakit.

Lakukan olahraga ringan yang mudah seperti jogging, yoga, atau bersepeda. Dengan tubuh yang tetap fit selama masa menstruasi tiba, kamu pun bisa lebih lancar melakukan aktivitas sehari-hari.

Itu tadi beberapa bocoran yang bisa mulai diterapkan sekarang demi menstruasi yang nggak bikin drama. Selamat mencoba ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading