Sukses

Lifestyle

KTP-el dan KIA Bisa Di-GoSend-in Setelah Jadi, Semua Layanan Ada dalam Satu Aplikasi Alpukat Betawi

Fimela.com, Jakarta Sudah dibuat praktis, kini membuat dan mengurus dokumen kependudukan seperti KTP-el dan Kartu Identitas Anak (KIA) semakin efisien lagi bagi warga Jakarta. Setelah mendapatkan akses langsung layanan administrasi kependudukan daring lewat Alpukat Betawi (Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat), kini platform yang tersedia di web dan aplikasi tersebut terintegrasi dengan pengiriman on deman GoSend. 

Hasil kerja sama Gojek dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta yang mengintegrasikan platform Alpukat Betawi membuat warga DKI bisa memesan langsung layanan GoSend setelah dokumen jadi. Kita bisa memilih layanan GoSend Instant atau SameDay dalam satu aplikasi di Alpukat Betawi termasuk melakukan pembayaran. 

Pembayaran di aplikasi Alpukat Betawi bisa dilakukan melalui QRIS dan GoPay. Kemudahan pembayaran ini dihadirkan lewat integrasi platform Alpukat Betawi dengan payment gateway Midtrans. 

Warga DKI Jakarta yang memesan layanan GoSend untuk pengurusan dokumen kependudukan melaluiaplikasi Alpukat Betawi akan langsung mendapatkan diskon ongkir maksimal sebesar Rp6.000 untukperiode 12 Mei 2022 hingga 26 Mei 2022.

Layanan Semakin Optimal

Dyan Shinto Ekopuri, Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Gojek, menjelaskan, “Melalui integrasi platform antara Alpukat Betawi, GoSend dan Midtrans, masyarakat akan jauh lebih dimudahkan karena bisa mendapat semua keuntungan layanan hanya melalui satu aplikasi saja dan dapat dilakukan di mana saja. Warga DKI Jakarta kini dapat memesan GoSend dan memantau status pengiriman melalui livetracking langsung di Alpukat Betawi. Kolaborasi ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan Gojek dalam mendukung inovasi pemerintah dan menghadirkan teknologi sebagai solusi untuk dapat meningkatkan kualitas, aksesibilitas serta kemudahan layanan masyarakat.”

“Kolaborasi antara layanan GoSend dan Alpukat Betawi ini meningkatkatkan efektifitas waktu dan efisiensi dalam alur pengurusan dokumen, khususnya mampu mewujudkan pengiriman dokumen kependudukan yang cepat bagi warga DKI Jakarta. Terlebih, 50% pengajuan pengurusan dokumen kependudukan kini dilakukan melalui daring di tengah pandemi ini,” jelasnya.

Berdasarkan data Disdukcapil DKI Jakarta, jumlah penduduk DKI Jakarta sebanyak 11.261.595 jiwa dan Disdukcapil DKI Jakarta memproses sekurangnya 350 ribu dokumen kependudukan melalui platform Alpukat Betawi sepanjang tahun 2021 saja.

“Setiap warga DKI Jakarta membutuhkan layanan kependudukan yang cepat dan efisien. Sejak bulan lalu cetak KTP dan KIA dapat diselesaikan dalam 15 menit dari sebelumnya sekitar 1 jam. Terobosan pencapaian layanan ini perlu terus ditingkatkan, salah satunya melalui upaya kerja sama dengan ekosistem Gojek. Saya yakin integrasi ini membuat pelayanan kami lebih optimal dan transparan karena pendataan semua layanan telah terpusat pada satu aplikasi, dan akan meningkatkan kepuasan warga DKI terhadap layanan pemerintah, karena tujuan utama kami adalah memberikan pelayanan yang menyenangkan dan membahagiakan untuk masyarakat sehingga terwujud pelayanan yang mudah, cepat, akurat, dan tuntas,” ujar Budi Awaludin, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKIJakarta.

Untuk memastikan keamanan, kerahasiaan, dan ketepatan dokumen, nomor registrasi dan informasi mitra GoSend akan tercatat dalam sistem Disdukcapil. Dokumen yang akan dikirimkan akan dimasukan ke dalam amplop yang bersegel dan petugas Disdukcapil akan mencocokan nomor dokumen dan nomor order pengiriman pada saat pick up.

#WomenForWomen 

What's On Fimela
Loading