Sukses

Lifestyle

Tips Menciptakan Ruang Cuci yang Nyaman di Rumah Minimalis

Fimela.com, Jakarta Punya rumah minimalis dengan lahan terbatas nggak jarang menimbulkan kebingungan ketika melakukan penataan interior. Salah satunya adalah merancang laundry room alias ruang cuci yang nyaman. Kebaradaannya yang tersembunyi sering membuat ruangan yang satu ini jadi terabaikan. Padahal, fungsinya penting untuk mengerjakan berbagai pekerjaan rumah mulai dari mencuci, menjemur pakaian, hingga menyetrika.

Jadi, apakah rumah minimalis nggak memungkinkan untuk memiliki ruang cuci yang nyaman? Bisa kok, beberapa tips berikut ini bisa jadi panduanmu, Sahabat Fimela.

Buat Rancangan Ukuran Ruang Cuci yang Diperlukan

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menghadirkan ruang cuci di dalam rumah adalah membuat rancangan ukuran ruang cuci yang diperlukan. Rata-rata ruang cuci memiliki luas 2,7m x 3,3m. Tapi, bagaimana jika space ruangan yang ada nggak seluas itu? Nggak masalah kok, kamu bisa menyesuaikan dan menyisipkan ruang cuci kecil di tempat yang ada.

Selanjutnya, cari tahu ukuran mesin cuci yang akan diletakkan dalam ruang laundry tersebut. Perhatikan kapasitas, dimensi, dan ukuran mesin cuci yang menjadi hal penting dalam menata ruang cuci agar lebih efisien.

Buat Pengaturan Tata Letak

Manfaatkan sudut yang ada di dalam rumah untuk menciptakan ruang cuci yang nyaman. Kamu bisa meletakkannya di belakang rumah dengan memanfaatkan space yang nggak terpakai. Selain itu, bisa juga dengan meletakkannya di area kamar mandi dan pisahkan antara area kering dan basah.

Jika area yang digunakan terpisah dari kamar mandi, perhatikan beberapa hal yang membuat ruang cuci jadi maksimal. Mulai dari pencahayaan dan ventilasi, saringan air, dan buatlah lantai yang tahan air.

Pilih Furnitur yang Tepat

Untuk memaksimalkan ruang cuci yang ada, pemilihan furnitur yang digunakan juga mempengaruhi. Misalnya saja memilih furnitur fungsional yang memang didesain khusus untuk ruangan tersebut, misalnya saja rak laundry yang minimalis dan punya banyak tempat penyimpanan.

Kamu bisa memilih rak khusus yang dipasang di dinding atau digantung di langit-langit. Selain itu, bisa juga dengan memasang lemari kabinet sebagai tempat penyimpanan. Siapkan juga furnitur untuk menyetrika, ya!

Tentukan Desain Konsep Ruangan

Penting juga untuk menciptakan desain konsep ruangan yang memberikan kesan ruang lebih terlihat luas meskipun areanya sempit. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memilih warna cat dinding yang digunakan, misalnya putih, abu-abu muda, atau creme yang memberikan kesan ruangan lebih lapang.

Jangan lupa perhatikan pencahayaan di dalam ruangan. Jika ingin cahaya alami yang masuk, membuat ruang laundry yang semi terbuka dengan atap transparan juga bisa dicoba, lho. Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan adalah lantai ruang jemur. Pilihlah lantai antilicin dengan finishing matte untuk meminimalisir kerusakan akibat air. Namun, bisa juga mempertimbangkan lantai unfinished yang dapat mengatasi kelembapan.

Itu tadi beberapa tips yang bisa diterapkan jika ingin menciptakan ruang cuci yang nyaman di dalam rumah. Ingin mencoba menerapkannya, Sahabat Fimela?

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Persiapan Lebaran Dimulai, Makeover Ruang Tamu agar Lebih Estetik Yuk!