Sukses

Lifestyle

Kondisi Ruangan Ternyata Berdampak Pada Kesehatan Mental Perempuan, 4 Ini Menjaga Kerapihannya

Fimela.com, Jakarta Kondisi rumah atau ruangan yang berantakan ternyata berdampak pada kesehatan mental, terutama bagi perempuan.

Hal itu berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam jurnal berjudul Personality and Social Psychology Bulletin. Setelah diteliti ternyata perempuan yang berada dalam rumah yang berantakan berisiko mengalami stres dan rasa lelah lebih tinggi. Berbanding terbalik dengan perempuan yang berada dalam rumah yang bersih dan rapi.

Kondisi rumah yang rapi akan membuat penghuninya merasa tenang, nyaman, dan dapat mengorganisir pekerjaan dan produktivitas dengan lebih baik.

Kondisi lingkungan yang rapi dan nyaman juga meningkatkan produksi hormon endorfin di dalam tubuh yang menyebabkan perasaan yang positif.

Untuk itu, sejumlah tips ini bisa diterapkan untuk menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan dengan baik agar kesehatan mental terjaga.

1. Memulai kebiasaan kecil

Tips pertama yakni dengan memaksimalkan kebiasaan kecil, lakukan sekarang sekecil apa pun. Maksudnya adalah, ketika melihat sesuatu yang kotor, berantakan dan tidak sesuai pada tempatnya, bersihkanlah sekarang juga.

Jangan menunda untuk membersihkan atau merapikan sesuatu, hal tersebut akan membuat pekerjaan menumpuk dan ruangan semakin berantakan.

2. Mengelompokkan barang

Tips kedua, yakni dengan mengelompokkan barang sesuai dengan kategori. Dalam series yang mengulas klien dari Marie Kondo, seorang konsultan tata ruang asal Jepang, disebutkan jika ia menyarankan kategori barang sesuai dengan ukuran.

Jadi, bukan berdasarkan fungsi atau warna. Mengkategorikan barang sesuai ukuran akan membuat ruangan lebih terlihat tertata dan rapi.

3. Rutin mengecek kebersihan dan kerapihan ruangan

Tips ketiga, yakni dengan secara reguler dan intensif terus mengecek kebersihan dan kerapian rumah atau ruangan. Hal ini bisa meminimalisir beban ketika membersihkan rumah dengan skala yang lebih jauh nantinya.

4. Memilih perkakas

Tips terakhir yang tidak kalah penting, adalah memilih alat perkakas kebersihan yang berkualitas. Alat kebersihan yang berkualitas penting, terlebih untuk menghemat waktu dan tenaga dalam membersihkan ruangan.

“Perkakas pembersih ruangan yang berkualitas akan memiliki daya simpan yang lebih lama, tentunya juga akan lebih menghemat biaya,” ujar Tony Chandra, pemilik brand Pusapu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading