Sukses

Lifestyle

Seleb TikTok Pakistan Nekat Bakar Hutan Demi Konten, Kini Diperiksa Polisi

Fimela.com, Jakarta Humaira Asghar, seleb TikTok asal Pakistan dengan 11,5 juta pengikut terpaksa harus berurusan dengan hukum. Otoritas lingkungan menjeratnya dengan pasal pengrusakan hutan karena timnya membakar hutan demi menghasilkan video estetik.

Beberapa waktu lalu, Asghar atau lebih dikenal sebagai Dolly berbagi video dirinya di TikTok. Dalam video tersebut, dia terlihat mengenakan gaun panjang, berjalan dan menari di sebelah pohon dan rerumputan terbakar, diiringi lagu pop yang sedang populer di Pakistan.

Diketahui, lokasi syuting Dolly bertempat di Margalla Hills National Park (MHNP) Pakistan. Di mana daerah tersebut merupakan kawasan hutan yang dilindungi undang-undang.

“Api selalu menyala di manapun aku berada,” kata Dolly dalam keterangan video TikTok yang sekarang sudah dihapus itu.

 

Dikecam Aktivis Lingkungan

Video berdurasi 15 detik itu sontak viral dan memicu reaksi di media sosial. Banyak netizen yang mengecam tindakan Dolly dan menyebytnya sembrono terhadap masalah lingkungan.

Seorang penulis dan aktivis lingkungan Pakistan, Rina S Khan Satti juga mengecam tindakan seleb TikTok tersebut dan meminta pihak kepolisian segera mengambil tindakan.

“Ini adalah tren yang mengganggu & membawa bencana di TikTok! di Australia, hukuman penjara seumur hidup bagi mereka yang memulai kebakaran hutan. Kita perlu memperkenalkan undang-undang serupa,” cuitnya dalam akun Twitter @rinasaeed, Selasa (17/5/2022).

 

Diburu Pihak Kepolisian

Dilansir Pakistan The News, pihak kepolisian Islamabad segera menindaklanjuti kasus dugaan pembakaran hutan yang dilakukan TikToker tersebut. Saat ini, pihak kepolisian tengah menyelidiki apakah Dolly melanggar undang-undang perlindungan satwa liar dan lingkungan di negara itu.

“Kami sedang memeriksa video serta bukti yang bisa mengarahkan kami untuk menangkapnya,” kata seorang perwira polisi senior Ibu Kota Islamabad, dikutip Jumat (20/5/2022).

Laporan Informasi Pertama (FIR) telah diajukan terhadap Dolly dengan jeratan undang-undang perlindungan satwa liar dan lingkungan.

Dolly Klarifikasi, Bantah Telah Bakar Hutan

Dolly kemudian membuat klarifikasi atas konten viralnya di TikTok yang menjadi kontroversi itu.  Melalui unggahan video akun Instagram pribadinya, Dolly membantah telah membakar hutan.

Dia berdalih bahwa kobaran api tersebut hanya berasal dari sebuah semak-semak di pinggir jalan raya, bukan di Taman Nasional Margalla Hills.

“Seperti yang dapat kamu lihat dengan jelas dalam video ini, Billboard menunjukkan tempat di jalan raya dan bukan Taman Nasional Maragalla. Simak baik-baik penjelasan orang di video ini agar kamu tahun kenyataan sebenarnya. Aku mengharapkan keadilan!” katanya melalui Instagram @dollyofficial.

Namun banyak netizen yang meragukan keaslian video klarifikasi Dolly tersebut. Para netizen menyebut bahwa video klarifikasi itu sengaja direka ulang dan pria di dalam video itu memberikan kesaksian palsu.

Tragisnya, Dolly bukan satu-satunya orang yang melakukan tindakan tak bertanggung jawab tersebut. pada awal Mei 2022, TikToker di Kota Abbottabad lebih dulu ditahan aparat karena membakar pohon di pinggiran hutan demi estetika konten video yang diunggah di TikTok.

Pejabat Kementerian Lingkungan Hidup sempat mengecam tindakan para TikToker. Menurut pejabat tersebut, aksi sembrono ini bisa berujung petaka mengingat Pakistan mengalami musim panas. Suhu panas di Pakistan sudah mulai menerjang sejak bulan lalu dengan rekor terpanas mencapai 51 derajat celcius.

 

#Women for Women

What's On Fimela
Loading