Sukses

Lifestyle

Kisah Amanda Simandjuntak, Perempuan Indonesia Penerima Penghargaan ‘Power of Radiance Awards'

Fimela.com, Jakarta Kemajuan teknologi semakin pesat. Kini saatnya para perempuan ikut andil dalam kemajuan teknologi agar bisa bersaing di dunia profesional. Hal inilah yang memotivasi Amanda Simandjuntak, sosok penuh jasa yang berhasil meraih penghargaan Power of Radiance Awards 2022 dari Clé de Peau Beauté. 

Perempuan asal Jakata ini telah mendedikasikan hidupnya untuk mendukung para perempuan melalui pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering dan Matematika). Sosok Amanda dengan dedikasinya yang mulia membuat ia menjadi sosok inspiratif dan meraih penghargaan. 

Power of Radiance Awards adalah sebuah program yang terintegrasi dan menjadi bagian jangka panjang dari komitmen Clé de Peau Beauté, termasuk bekerjasama dengan UNICEF yang telah diluncurkan pada tahun 2019 lalu untuk mendukung program kesetaraan gender. 

Program STEM Education

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Amanda Simandjuntak (@amandasimandjuntak)

Program STEM Education ini berguna untuk mendukung para perempuan dalam menggali kemampuan serta potensi untuk dunia yang lebih baik. Di industri teknologi dan informasi, perempuan masih menjadi kaum minoritas. Bidang pekerjaan ini masih didominasi oleh laki-laki. Padahal, industri informasi teknologi dan komunikasi semakin berkembang terutama di masa pasca pandemi.

Di Indonesia sendiri, para perempuan banyak yang mendapatkan kesulitan akses untuk memiliki kesempatan yang memberikan mereka peluang agar bisa mempelajari dan siap bekerja di bidang teknologi. Bahkan menurut data UNICEF, angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat dengan kisaran 15.62%. Sebagai CEO dan co-founder dari Markoding, Amanda Simandjuntak telah melatih lebih dari 10.000 perempuan dalan bidang inovasi dan teknologi seperti coding, UI/UX design, dan product development, sehingga meningkatkan jumlah perempuan yang memiliki kemampuan di industri teknologi sebanyak 55%.

Agar para perempuan bisa mendapatkan kesempatan yang sama dan mampu bersaing

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Amanda Simandjuntak (@amandasimandjuntak)

Ia juga telah meluncurkan ‘Girls Can Code Scholarship Program’ dan ‘Girls Can Code Webinar Series’ untuk menginspirasi dan membekali para perempuan untuk bekerja di industri STEM. Sejak tahun 2019, Markoding telah bekerjasama denhan UNICEF Indonesia untuk membantu mengimplementasikan tantangan inovasi digital yang bisa membantu meningkatkan kemampuan para perempuan abad 21, atau disebut dengan 21st century skills dan kemampuan berwirausaha. Program ini bahkan telah melatih 5.256 peserta dari 126 sekolah.

Amanda mengatakan jika misi yang ia lakukan adalah untuk mendukung dan membekali para perempuan marginal di Indonesia untuk menjadi sosok-sosok yang bisa mengatasi masalah melalui inovasi dan teknologi. Dengan membekali para perempuan dengan 21st century skills seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, kolaborasi, dan empati, maka  dengan membekali mereka, tentu para perempuan akan bisa merasa membuat dunia jadi lebih baik.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading