Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghadapi Orang yang Berusaha Menjatuhkanmu

Fimela.com, Jakarta Kadang cukup mengherankan juga menghadapi orang yang inginnya menjatuhkan kita. Kita sudah berusaha bersikap baik atau bekerja dengan baik, tetapi ada saja orang yang iri dan ingin melihat kita jatuh. Umumnya terjadi di dunia kerja, menghadapi orang yang ingin menjatuhkan kita padahal kita sudah berusaha mati-matian mempertahankan kinerja kita dengan baik jelas bukan hal yang mudah.

Menghadapi orang yang ingin menjatuhkan kita butuh ketegaran. Butuh kesabaran serta ketangguhan mental yang lebih kuat. Cara-cara ini bisa dicoba agar kita tidak dianggap lemah oleh orang yang ingin menjatuhkan kita.

 

 

1. Batasi Respons

Sungguh melelahkan menghadapi orang yang hanya ingin melihatmu jatuh dan gagal. Kadang kita perlu membatasi respons kita terhadapnya. Misal, saat ia berusaha memojokkanmu dengan kata-kata yang menyakitkan, tak perlu membalas dengan kata-kata yang sama menyakitkannya. Cukup bersikap pura-pura masa bodoh saja agar energimu tidak terbuang sia-sia.

2. Fokuskan Diri pada Prioritas yang Lebih Penting

Ada prioritas yang lebih penting saat ini, yaitu menjaga dan meningkatkan performa kerja. Daripada buang-buang energi untuk menyikapi orang yang hanya memberi pengaruh negatif dan buruk, mending fokus pada prioritas yang lebih penting. Mengutip buku Filosofi Teras, satu hal penting untuk selalu diingat: tingkat perhatian kita harus sebanding dengan objek perhatian kita. Sebaiknya kamu tidak memberikan kpeada hal-hal remeh waktu lebih banyak dari segalanya. Alihkan perhatian pada hal yang lebih penting agar tidak ada lagi waktu yang terbuang mengurus atau mengatur orang yang hanya ingin menjatuhkanmu.

3. Tingkatkan Pencapaian Diri

Optimalkan waktu dan tenaga untuk meningkatkan pencapaian dan prestasi diri. Orang yang menjatuhkanmu takkan berkutik saat kamu bisa melesat jauh ke tingkatan yang lebih tinggi. Saatnya buat strategi baru untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dan lebih luar biasa lagi.

 

4. Abaikan Segala Omong Kosong

Tutup telinga saat menghadapi semua omong kosong yang ada. Orang yang hanya ingin menjatuhkanmu bakal melakukan apa pun untuk membuatmu terpuruk. Berbagi rumor atau omong kosong pun bisa disebarkan. Menanggapi semua omong kosong bakal melelehkan. Kalau kita tak mau membuang waktu kita yang sangat berharga, maka lebih baik abaikan saja semua omong kosong yang ada.

5. Sampaikan Rasa Tidak Nyaman

Kita punya hak untuk menyampaikan rasa tidak nyaman jika sikap orang lain sudah jelas-jelas mengganggu kita. Ketika orang yang ingin menjatuhkanmu mulai melakukan hal-hal yang mengusik hidupmu dan sudah kelewatan, kamu bisa menyampaikan rasa tidak nyaman dengan cara yang tegas. Setidaknya dengan cara ini, kamu bisa memperlihatkan bahwa dirimu bukan orang lemah.

Semoga kita semua bisa senantiasa tegar dan kuat, ya. Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, apa cara terbaik menyikapi atau menghadapi orang yang ingin menjatuhkanmu?

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading