Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Pengunduhan Gagal di WA dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta WhatsApp atau dikenal sepabai WA merupakan salah satu applikasi pesan yang terdapat di smartphone, wa sendiri menawarkan fitur yang canggih tidak hanya dapat berkomunikasi jarak jauh, wa juga dapat membuat seseorang mengirimkan gambar foto maupun video.

Ketika seorang teman sedang mengirimkan gambar foto maupun video dan kamu akan mengunduh tetapi menemukan tulisan “Unduhan Gagal: Pengunduhan tidak dapat diselesaikan, Silakan coba lagi nanti”. Sepertinya hal ini menandan adanya masalah pada whatsapp yang kamu miliki atau mungkin smartphone yang kamu gunakan.

Whatsapp telah membuat applikasi pesan yang jauh lebih mudah dan menyenangkan, untuk saat ini tentu banyak orang yang menggunakan whatsapp sebagai applikasi komunikasi jarak jauh. Ketika kita sulit mengunduh gambar yang dikirim oleh pengirim tentu akan membuat kita penasaran, berikut beberapa penyebab pengunduhan di wa yang sering gagal:

1. Koneksi yang Buruk

Koneksi yang buruk merupakan salah satu penyebab utama tidak dapat mengunduh gambar di wa, ada beberapa penyebab mengapa koneksi dapat memburuk yaitu faktor cuaca, tempat, atau bahkan penggunaan internet secara bersamaan.

Cara Mengatasinya : Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika mengalami koneksi buruk adalah memeriksa apakah data atau WiFi  yang kamu gunakan terhubung. Jika terhubung, pastikan bahwa kamu memiliki sinyal yang kuat. Akan tetapi jika penggunaan internet masih tidak lancar, ada baiknya jika kamu menghubungkan dengan WiFi.

2. Tidak Melakukan Perbarui Applikasi

Mungkin saja kamu tidak pernah melakukan pembaruan pada applikasi atau kurang update dengan sistem yang baru. Terkadang whatsapp memiliki pembaruan bagi sistemnya agar menjadi lebih efisien atau mengurangi bug yang lama.

Cara Mengatasinya : Jika kamu tidak menonaktifkan pembaruan secara otomatis, ada baiknya mulai sekarang aktifkan pembaruan pada appstore maupun playstore. Berikut beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk memperbarui whatsapp:

  • Langkah 1 : Buka Playstore atau Appstore dan cari “WhatsApp”
  • Langkah 2 : Jika ada pembaruan, ketuk “Perbarui” untuk mengunduh dan menginstal pembaruan.
  • Langkah 3 : Sekarang buka WhatsApp lagi untuk memastikan apakah gambar yang kamu download sudah muncul atau masih ada kesalahan.

3. Tidak Menghapus Cache

Ternyata jika kita jarang menghapus cache atau hapus data pada whatsapp maka akan membuat wa menjadi lemot. Hal ini dilakukan agar whatsapp yang kamu gunakan berfungsi lebih baik dari sebelumnya.

Cara Mengatasinya : Ada beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk menghapus cache atau data, berikut langkah yang dapat kamu lakukan:

  • Langkah 1 : Buka “Pengaturan” di smartphone.
  • Langkah 2 : Cari “Applikasi” dan ketuk diatasnya.
  • Langkah 3 : Sekarang pergi ke “Penyimpanan” dan kemudian ketuk “Hapus Cache dan Hapus Data”.
  • Langkah 4 : Sekarang reboot smartphone dan buka WhatsApp untuk melihat apakah masalahnya hilang.

4. Tanggal dan Waktu di Smartphone yang Salah

Terkadang WhatsApp tidak akan melakaukan pengunduhan di file media jika terdapat tanggal dan waktu smartphone yang tidak diatur dengan benar. Maka dari itu kamu perlu mengecek apakah tanggal dan waktu smartphone yang kamu gunakan sudah sesuai atau belum.

Cara Mengatasinya : Untuk menyesuaikan ulang tanggal dan waktu di smartphone, kamu dapat membuka Pengaturan > Sistem > Tanggal & Waktu dan atur tanggal dan waktu ke Otomatis. Dengan mengaktifkan pengaturan satu ini, maka seluler akan menyetel telepon ke waktu yang tepat.

5. Kartu SD yang Penuh

Terkadang, WhatsApp akan menyimpan file pada media di penyimpanan internal akan tetapi, ada beberapa yang dipindahkan ke kartu SD. Jika kamu mengetahui hal ini, mungkin saja ada beberapa masalah dengan kartu SD yang kamu gunakan dan menyebabkan kesalahan unduhan menjadi gagal.

Cara Mengatasinya : Kamu perlu memastikan ruang kosong yang cukup untuk kartu SD yang akan kamu gunakan, terkadang WhatsApp tidak dapat menyimpan file ke kartu SD jika dalam mode hanya baca. Kamu dapat menyalin beberapa file dari penyimpanan internal ke kartu SD, jika kamu dapat menyalinnya maka kartu SD tidak hanya-baca.

Masalah gambar yang tidak dapat terunduh atau gagal ternyata sering terjadi oleh banyak orang, hal ini tentu akan membuat panik dan khawatir. Akan tetapi kamu perlu mencari tahu penyebab dan dapat mengatasinya sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading