Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Laptop Freeze Secara Otomatis yang Sering Bikin Panik

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami laptop yang sedang freeze tiba-tiba? Atau mungkin laptop kamu akan melambat seiring berjalannya waktu. Laptop merupakan salah alat elektronik yang sering dibutuhkan oleh sebagian orang, karena lebih fleksibel dan lebih nyaman untuk bekerja.

Setiap laptop tentu memiliki kelebihan dan kecanggihan yang ditawarkan, tentu kamu tahu mengapa memilih laptop yang kamu gunakan. Bisa jadi karena baterai yang tahan lama, memiliki prosessor yang lengkap dan baik, dan masih banyak lainnya.

Mungkin penggunaan laptop dalam waktu yang cukup lama akan memberikan perbedaan atau kerusakan kecil, seperti freeze secara tiba-tiba, lemot, atau mungkin baterai yang sudah tak tahan lam lagi. Berikut beberapa penyebab laptop freeze yang sering terjadi:

1. Terlalu Banyak Program Dibuka

Setiap progam pada laptop tentu memerlukan sejumlah suber daya internal dan eksternal (perangkat keras) untuk berfungsi dan menjalankannya. Jika kamu membuka program yang berjalan secara bersamaan, maka akan membuat laptop mungkin saja tidak memiliki memori yang cukup atau daya komputasi untuk mendukung semuanya.

2. Eror

Driver digunakan untuk komunikasi antara perangkat keras dan sistem operasi, biasanya driver yang sudah kadaluwarsa atau rusak ini akan membuat Windows menjadi freeze seketika. Oleh karena itu, kita perlu memastikan bahwa drive yang digunakan selalu diperbaharui.

3. Terlalu Panas

Panas berlebihan ternyata dapat memperlambat laptop dan pada kahirnya akan membuatnya menjadi freeze. Jika suhunya cukup tinggi atau panas, maka dapat merusak sirkuir terintegradi dari prosesor sistem dan membuatnya sulit untuk digunakan.

4. RAM yang Tidak Cukup

Jika laptop sering freeze (membeku) secara teratur, mungkin dapat disebabkan karena RAM yang tidak memadahi. Terkadang kamu hanya perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan RAM atau menginstal ulang sistem operasi.

5. Perangkat Eksternal Rusak

USB yang rusak atau perangkat eksternal lainnya seperti mouse dan keyboard ternyata dapat menyebabkan laptop lemot maupun membeku. Masalah satu ini perlu membutuhkan bantuan teknisi untuk mengatasinya.

6. File Sitem Rusak atau Hilang

Ternyata laptop yang freeze secara otomatis dapat disebabkan oleh file sistem yang rusak maupun hilang, biasanya hal ini terjadi pada Windows 10 atau Windows 7.

7. Kesalahan Perangkat Lunak

Ternyata beberapa perangkat lunak pihak ketiga dapat menyebabkan laptop menjadi freeze, hal inilah yang perlu kamu perhatikan.

Beberapa applikasi mungkin membutuhkan banyak memori, jika laptop yang kamu gunakan tidak dapat menangani ketegangan maka akan membuatnya menjadi lemot dan mudah freeze dengan sendirinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading