Sukses

Lifestyle

5 Cara Tetap Bahagia Jalani Hidup saat Masih Serba Sendirian

Fimela.com, Jakarta Suka atau tidak suka, makin kita dewasa makin sering kita akan dihadapkan pada situasi yang harus kita hadapi dan atasi sendirian. Melakukan banyak hal serba sendirian pun menjadi bagian tak terpisahkan dalam hidup. Apalagi bagi perempuan yang harus melakukan banyak hal serba sendirian karena keadaan, banyak rintangan dan tantangan yang perlu ditaklukkan dengan mandiri.

Kita tetap bisa menjalani hidup dengan bahagia meski masih serba sendirian dalam melakukan berbagai hal. Bagi yang masih melajang atau memutuskan untuk tidak memiliki pasangan dalam beberapa waktu ke depan, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk tetap bahagia. Tak harus menunggu kehadiran seseorang untuk melengkapi atau dijadikan sandaran untuk membuat kita bahagia.

 

1. Tak Perlu Merasa Jadi Pusat Dunia

Kadang kita merasa malu melakukan sesuatu sendirian karena takut dicap buruk atau dilabeli dengan pandangan negatif. Padahal kita bukanlah pusat dunia. Tak perlu merasa malu karena kita bukanlah pusat dunia. Mengutip buku How to Respect Myself, rasa malu berawal dari kesadaran atas pandangan orang lain dan pertanyaan, "Apakah orang-orang menganggapku aneh?" Rasa malu timbul akibat beberapa kesalahan kognitif. Seperti ketika kita merasa semua orang memperhatikan kita, kadang kita merasa malu padahal belum tentu semua orang punya waktu untuk melihat kita. Jadi, tak perlu merasa jadi pusat dunia. Lakukan saja hal-hal yang disukai dan dibutuhkan sesuai dengan kenyamanan diri.

2. Miliki Rutinitas yang Menyenangkan

Mengutip buku Hello, Habits segi positif dari kegiatan rutin adalah bahwa kita dapat mengubah suasana hati hanya dengan melakukan hal-hal yang sudah biasa kita lakukan. Miliki dan bangun rutinitas yang baik dan menyenangkan untuk diri sendiri. Mengatur jadwal kerja dan istirahat pun bisa jadi awal untuk membangun rutinitas yang lebih baik. Sehingga hidup jadi lebih bermakna, dan hati bisa makin nyaman dan bahagia.

 

3. Maksimalkan Potensi Diri

Bisa bekerja, melakukan sesuatu, menghasilkan sesuatu, atau menghadirkan manfaat untuk lebih banyak orang bisa membuat kita lebih bahagia. Masih melakukan banyak hal serba sendirian, kita punya lebih banyak waktu untuk kita isi dan atur sendiri. Maka, ada baiknya untuk mengisinya dengan hal-hal  yang bisa menyokong perkembangan kemampuan dan potensi diri kita.

4. Tekuni Hal-Hal yang Disukai

Menekuni pekerjaan di bidang yang disukai, mengerjakan hobi yang menyenangkan, atau terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bisa membuat kita nyaman. Semua itu bisa dilakukan untuk membuat kita bahagia. Tekuni hal-hal yang disukai, maka melakukan segala sesuatunya serba sendirian akan terasa lebih menyenangkan.

 

 

5. Fokus Jalani Keseharian dengan Sepenuh Hati

Kita tidak perlu terobsesi dengan standar hidup orang lain. Tidak perlu terobsesi dengan perbandingan-perbandingan yang ada. Saat ada orang lain yang hidupnya lebih sukses, cukuplah ikut berbahagia. Kita punya standar hidup sendiri, jadi fokus saja jalani keseharian yang ada denan sepenuh hati. 

Hidup bukan perlombaan. Tiap orang punya jalan dan perjuangannya masing-masing. Saat masih melakukan banyak hal serba sendirian, syukuri saja semua yang ada dan jalani hidup dengan senyuman merekah di wajah.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading