Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Kipas AC Tidak Berputar yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Kipas di unit kondensor AC biasanya berada di luar ruangan dan meniupkan udara yang melintasi kumparan konsendor, hal ini dapat memungkinkan mengubah gas pendingin hangat menjadi cairan yang dingin kemudian akan menciptkan uadar sejuk untuk rumah.

Tapi bagaimana jika kipas pada unic Ac berhenti bekerja? Atau mungkin tidak mau berputar? Hal ini tentu akan membuat kamu bertanya apa penyebabnya. AC merupakan salah satu alat elektronik yang sering digunakan untuk menciptakan ruangan sejuk.

Memiliki keunggulan lain daripada kipas angin, tentu kita akan menemukan beberapa masalah yang berkaitan dengan AC sendiri. Berikut beberapa penyebab kipas AC tidak berputar yang perlu kamu tahu:

1. Kapasitor Buruk

Salah satu alasan mengapa kipas AC berhenti bekerja atau tidak mau berputar adalah kapsitor yang buruk. Kapasitor merupakan perangkat silinder kecil yang menyediakan energy untuk motor unit di AC, hal ini biasanya akan bertanggung jawab untuk unit AC dan menyediakan daya tambahan yang diperlukan pada setiap unit yang berjalan. Berikut beberapa tanda kapasitor yang buruk:

  • AC yang susah dinyalakan.
  • AC mati sendiri.
  • AC tidak mengeluarkan udara dingin.
  • AC mengeluarkan suara mendengung.

2. Motor Kipas Rusak

Motor kipas kondensor terletak pada unit AC yang dapat memutar bilah kipas untuk meniupkan udara luar dan melintasi kumparan kondensor AC. Proses inilah yang akan mengubah gas pendingin panas menjadi cairan yang dingin dan memberikan udara yang sejuk untuk rumah. Motor kipas yang rusak dapat disebabkan ketika AC berhenti berputar, masalah satu ini juga perlu untuk diperbaiki agar tidak mempengaruhi kinerja sistem lainnya.

3. Masalah Kontraktor AC

Kontraktor AC merupakan perangkat kecil yang dapat mengontrol aliran listrik ke seluruh unit AC, saat kamu menyalakan suhu pada thermostat biasanya beberapa bagian ini akan mengalirkan dan membatasi arus listrik yang memberi tahu AC harus beroperasi atau tidak.

Kontraktor AC juga dapat terbakar, hal ini seringkali disebabkan oleh keausan normal atau terdapat sistem yang panas. Ketika kontraktor terbakar maka aliran kistrik pada sistem akan terhambat dan komponen AC yang berdekatan yang membuat mereka tidak berfungsi.

4. Sabuk AC yang Rusak

Sebagian besar unit AC yang memiliki model baru biasanya tidak mengandalkan sistem sabuk AC, tetapi beberapa diantaranya menggunakan motor AC. Namun, beberapa unit yang tua atau lama menggunakan sabuk AC dan sabuk inilah dapat rusak serta membuat kipas tidak berfungsi dengan benar. Seiring penggunaan AC yang terlalu lama akan membuat mereka lebih rentan terhadap keretakan, robek, dan kerusakan lainnya.

5. Bilah Kipas Rusak

Kemungkinan alasan lain kipas AC yang tidak berputar atau berfungsi dapat disebabkan oleh bilah kipas yang rusak. Bilah kipas umumnya terlihat melalui ventilasi unit luar ruangan, jika salah satu bilah terlihat bengkok, retak, atau rusak ada baiknya untuk mengganti bilah kipas tersebut.

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat kipas AC tidak mau berputar dan memberikan udara yang panas saat digunakan. Beberapa masalah tersebut ada baiknya untuk diperbaiki ke teknisi agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading