Sukses

Lifestyle

3 Tips Mengelola Keuangan ala Keluarga Mona Ratuliu-Indra Brasco

Fimela.com, Jakarta Mengelola keuangan keluarga menjadi salah satu hal yang kerap terkesan sulit. Padahal, pada kenyataannya, teknologi sudah lebih maju sehingga kegiatan budgeting bisa lebih mudah. 

Saat ini, banyak aplikasi dan fitur online yang bisa membantumu mengasah literasi finansial, lho! Kamu bisa memanfaatkan fitur yang tersedia di e-commerce sebagai salah satu cara menghemat pengeluaran.

Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan adalah fitur Transfer ShopeePay. Fitur ini memungkinkanmu melakukan transfer dengan bebas biaya admin. Selain itu, uang bisa langsung sampai ke rekening tujuan dan tanpa batas kuota transfer harian.

Selain memanfaatkan fitur tersebut, ada beberapa tips cerdas mengelola keuangan agar dompet tak semakin menipis. Yuk, simak beberapa cara mengelola keuangan keluarga berikut ini yang disampaikan langsung oleh pasangan public figure Mona Ratuliu dan Indra Brasco!

Tips mengelola keuangan keluarga

1. Buat rancangan pengeluaran bersama

Salah satu strategi utama yang Mona dan Indra lakukan agar pengeluaran keluarga terkontrol adalah dengan membuat rancangan pengeluaran., Mona menekankan, setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan dan rencana keuangan yang berbeda-beda. Oleh karenanya, setiap keluarga perlu berdiskusi menentukan besaran pos budget sesuai dengan tujuan keluarga masing-masing.

“Ketika mengelola keuangan keluarga, kami berdua menerapkan strategi alokasi budget berdasarkan kategori kebutuhan agar pengeluaran bisa lebih terkontrol. Jadi, setiap bulannya aku buat rancangan pos budget, mulai dari kebutuhan harian, tabungan dan investasi, dana pendidikan, rekreasi dan hiburan, biaya transportasi, hingga kebutuhan esensial lainnya,” ujar Mona dalam sesi Media Gathering: Keluarga Kompak Tanpa Batas Bersama ShopeePay pada Rabu (29/6/2022).

2. Manfaatkan teknologi 

Mona dan Indra mengakui, kehadiran teknologi berpengaruh besar dalam mempermudah urusan finansial keluarganya. Selain terbantu karena teknologi membuat kegiatan lebih efisien, keunggulan fitur dan promo juga menjadi hal yang ia syukuri. 

“Ibu-ibu pasti paham kalau setiap harinya ada saja kebutuhan keluarga yang harus ditransfer sana-sini, mulai dari uang belanja dapur, bayar uang sekolah dan les anak, uang saku anak, iuran bulanan kompleks, gaji pegawai, sampai iuran arisan keluarga dan jadwal staycation,” ujar  Mona.

Tips mengelola keuangan keluarga

3. Libatkan seluruh anggota keluarga

Selain dua poin di atas, Indra Brasco mengatakan kunci mencapai perencanaan keuangan keluarga yang kuat adalah kerja sama dan rasa percaya. Itu sebabnya, ia dan Mona selalu berusaha melibatkan anak-anak dalam mencapai tujuan finansial bersama.

Sesekali, pasangan selebriti tersebut memberikan kepercayaan kepada mereka untuk mengatur keuangan masing-masing. Namun, layaknya sebuah tim, sebuah keluarga perlu menentukan pembagian tugas yang jelas.

“Kalau untuk urusan keuangan keluarga, sudah pasti saya percayakan kepada Mona yang memang lebih teliti,  memahami secara detail mengenai kebutuhan keluarga, dan tentunya cerdas memilih promo yang menguntungkan,” tambah Indra.

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

 

#Women for Women

What's On Fimela
Loading