Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Lebih Lebih Percaya Diri Berkarier di Usia 20-an

Fimela.com, Jakarta Usia 20-an bisa menghadirkan sejumlah pengalaman baru. Di rentang usia tersebut, biasanya kita akan memulai sebuah pekerjaan atau memulai karier. Berkarier di usia kepala dua bisa cukup menantang. Banyak hal baru yang perlu kita lakukan dan kadang membuat kita mudah kehilangan rasa percaya diri.

Berikut ini lima hal yang bisa dilakukan agar lebih percaya diri saat berkarier di usia 20-an. Baik menjadi karyawan, membangun usaha atau bisnis, maupun baru akan mencoba bidang baru di pekerjaan yang didapatkan, lima hal ini bisa jadi bekal untuk bisa mencapai kesuksesan yang kita inginkan. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Miliki Mentor atau Role Model

Memiliki mentor bisa membantu kita untuk lebih terarah dalam mencapai kesuksesan atau target yang kita inginkan. Atau setidaknya kita punya sosok yang bisa kita jadikan panutan dalam karier yang sedang kita tekuni atau perjuangkan. Dengan memiliki mentor atau panutan, kita pun juga bisa mendapatkan banyak inspirasi dari pengalaman mereka dan menjadikannya sebagai motivasi diri.

2. Mencoba Tantangan Baru

Menantang diri sendiri selagi masih muda bisa memudahkan banyak jalanmu di masa yang akan datang. Kadang kita perlu menantang diri untuk keluar dari zona nyaman. Mencoba hal baru dan mengambil risiko yang tak pernah kita lakukan sebelumnya bisa membuka pintu baru agar terhindar dari karier yang stagnan. Dari setiap tantangan yang berhasil kita coba, kepercayaan diri bisa meningkat dengan sendirinya.

 

3. Aktif Membangun Koneksi

Memperbanyak jaringan atau koneksi bisa menghadirkan kesempatan untuk memperoleh proyek-proyek pekerjaan baru. Namun, yang lebih penting adalah kita bisa mengembangkan kelebihan dan menggali potensi diri kita dengan berjejaring dan berkenalan dengan banyak orang. Selama masih ada waktu dan energi, perluas jaringanmu dan bangun hubungan baik dengan orang-orang di sekitarmu.

4. Membuat Rencana dan Target

Dengan punya rencana yang lebih detail dan matang soal pekerjaan yang ditekuni, setidaknya bisa memudahkan kita untuk mengelola stres saat menghadapi tantangan atau masalah baru dalam pekerjaanmu. Membuat rencana bukan berarti memaksakan segalanya berjalan sesuai keinginan. Akan tetapi, lebih kepada upaya untuk bisa senantiasa menjaga motivasi diri untuk bekerja dengan lebih baik dari waktu ke waktu.

 

 

5. Lebih Bersemangat Belajar Hal Baru

Di usia 20-an kita perlu lebih terbuka untuk memelajari hal-hal baru. Kita bisa mengisi waktu kita dengan hal-hal yang bisa meningkatkan potensi dan kemampuan kita. Siapa tahu dari hal baru yang kita pelajari, kita bisa mendapatkan banyak kesempatan yang lebih baik lagi. Asah kemampuan dan keahlian yang baru untuk menjaga performa kerja dan menyempurnakan portofoliomu.

Tetap semangat berkarier dan membangun jalan suksesmu di usia 20-an, ya. Semoga apa pun yang sedang kamu perjuangkan saat ini bisa berbuah manis sesuai dengan yang diharapkan.

 

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading