Sukses

Lifestyle

5 Cara Meredakan Rasa Jenuh dalam Bekerja

Fimela.com, Jakarta Rasa bosan dan jenuh kadang melanda dalam rutinitas kita bekerja. Perasaan capek, lelah, hingga stres bisa menyelimuti keseharian kita. Kalau sudah begini, bekerja pun jadi tidak maksimal lagi.

Saat merasa jenuh bekerja, kita mungkin akan terpikir untuk berhenti bekerja saja. Akan tetapi, langsung berhenti bekerja tanpa punya rencana atau kesiapan sendiri bisa sangat berisiko. Kali ini Fimela hadirkan lima cara yang bisa dicoba dalam meredakan rasa jenuh dalam bekerja dan terhindar dari kondisi burnout. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Luangkan Waktu untuk Rehat

Jadwalkan hari khusus untuk liburan dan melepas stres. Izinkan dirimu menikmati kerja kerasmu. Rutinitas yang repetitif bisa membuat kita stres karena rasa bosan yang melanda. Coba buat jadwal khusus untuk mengambil jeda dari rutinitasmu untuk memulihkan kembali energimu. Bisa dengan ambil cuti atau berlibur sejenak dari rutinitas pekerjaan.

2. Ciptakan Kondisi Flow dalam Bekerja

Daniel Goelman dalam buku Emotional Intelligence menjelaskan flow adalah keadaan ketika seseorang sepenuhnya terserap ke dalam apa yang sedang dikerjakannya, perhatiannya hanya terfokus ke pekerjaan itu, kesadaran menyatu dengan tindakan. Dalam kondisi flow, otak bekerja pada puncak efisiensi.

Agar otak bisa bekerja dengan efisien, kita perlu mengondisikan diri dalam keadaan yang tidak terlalu gugup atau lelah. Di sini kita bisa coba untuk mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup sebelum kembali ke rutinitas bekerja agar bisa menciptakan kondisi flow saat bekerja.

 

 

3. Variasikan Rutinitas

Coba ciptakan variasi baru dalam keseharianmu. Bila tanggung jawab pekerjaanmu menuntutmu harus mengikuti rutinitas yang tetap setiap waktu, coba beri sentuhan baru dalam keseharianmu. Mungkin dengan datang lebih pagi dari biasanya, menjadwalkan waktu khusus untuk mencoba menu makan siang baru, atau membuat rencana hang out dengan rekan kantor setiap beberpa hari sekali. Menyelipkan kegiatan baru atau pengalaman baru bisa bantu redakan rasa jenuh dalam bekerja.

4. Dengarkan Musik atau Lagu Favorit

Mendengarkan musik atau lagu favorit bisa bantu redakan rasa jenuh. Ada penelitian yang menemukan bahwa mendengar musik saat bekerja mampu meningkatkan kreativitas otak. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Cognitive Psychology, yang meneliti efek berbeda mendengarkan berbagai tipe musik dalam hal menyelesaikan masalah secara kreatif.

Penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE juga menemukan bahwa mendengarkan musik "bahagia" yang bisa diartikan sebagai musik dengan tone upbeat dan menyenangkan, ternyata mampu menstimulasi kinerja otak lebih cepat dan membantu orang menunjukkan performa lebih baik saat bekerja.

 

 

5. Pelajari Hal Baru

Rasa jenuh bisa saja disebabkan karena kita butuh hal baru untuk dikuasai atau dipelajari. Cobalah untuk memelajari hal baru atau bahkan yang berbeda dari bidang pekerjaan yang ditekuni saat ini agar bisa mendapat semangat baru dalam beraktivitas. Kadang satu hal baru bisa hadirkan banyak pengalaman berbeda dan membuat rasa jenuh mereda dengan sendirinya.

Yuk, tetap semangat dalam bekerja. Semoga tips dan cara di atas bisa membantu Sahabat Fimela sekalian, ya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading