Sukses

Lifestyle

6 Destinasi Ekowisata yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan Sekolah

Fimela.com, Jakarta Liburan sekolah telah tiba, tapi masih bingung ingin liburan ke mana? Destinasi eco-tourism atau ekowisata bisa menjadi pilihan untuk liburan sekolah kali ini.

Ekowisata sendiri makin naik daun seiring transisi ke endemi yang mulai mengembalikan arus wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan mengusung konsep pariwisata alternatif yang mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan masyarakat serta pembelajaran dan pendidikan, kemajuan ekowisata mendapat perhatian besar dari pemerintah.

Salah satunya lewat program Desa Wisata yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yang bertujuan untuk mempromosikan keunikan dan kearifan lokal di berbagai wilayah di Indonesia.

Di momen liburan sekolah kali ini menjadi waktu yang tepat untuk mengajak anak-anak menikmati ekowisata. Sekaligus memberikan warna baru bagi anak-anak untuk lebih bisa mencintai alam.

Mengutip dari siaran OYO, Fimela telah merangkum beberapa destinasi ekowisata yang bisa dikunjungi saat liburan sekolah kali ini.

 

1. Sanghyang Kenit, Rajamandala

Terletak di Kabupaten Bandung Barat yang menyediakan pemandangan arus sungai dan gua-gua purba. Dibendungnya aliran Sungai Citarum Purba ke PLTA Rajamandala, membuat air yang melewati Sanghyang Kenit mendangkal. Arusnya pun saat ini cenderung tenang mengalir diantara bebatuan purba yang kini dapat dikunjungi oleh wisatawan.

 

2. Stone Garden dan situs purbakala Gua Pawon

Berada di daerah Citatah Jawa Barat, lokasi tersebut merupakan kompleks gua purbakala di mana pernah ditemukan kerangka manusia purba yang ditengarai adalah nenek moyang orang Sunda. Namun hingga saat ini masih diteliti oleh balai arkeolog Bandung. Jika wisatawan ingin mengunjungi destinasi ekowisata yang sarat dengan nilai sejarah tersebut, maka dapat mengunjungi desa wisata Eco Tourism OYO Geopark GunungMasigit.

 

3. Smart farming, Desa Cibeunying

Bagi wisatawan yang ingin membawa serta keluarga dan anak-anaknya berlibur, maka destinasi ini bisa menjadi pilihan. Menawarkan pemandangan kebun dan sawah yang asri, destinasi ini juga menyediakan strawberry Farm dan bukit pinus yang dapat dijelajahi bersama keluarga.

 

4. Outbound bersama keluarga di Puncak Manik, Desa Bangunharja, Kabupaten Ciamis.

Pilihan lain untuk destinasi wisata Keluarga, Puncak Manik menawarkan berbagai kegiatan untuk keluarga dan anak-anak, seperti wisata edukasi perikanan dan pertanian, fun tubing di sungai cihonje, susur hutan cicapar, puncak manik kidzland, flying fox, permainan outbound, hingga pemandangan lembah cipetir.

 

5. Goa Resi di Desa Conto, Bulukerto, Wonogiri, Jawa Tengah

Goa Resi menyuguhkan keindahan alam dan suasana yang asri berupa obyek foto di dalam goa dengan background lampu warna-warni diiringi tetesan air dari atas goa serta menawarkan tempat kolam renang yang dapat dinikmati oleh anak-anak.

 

6. Carangsari Village Cycling

Tur yang sangat cocok untuk semua tamu dari segala usia, dalam tur bersepeda ini memungkinkan wisatawan dapat melihat sekilas kehidupan sehari-hari warga lokal, budaya Bali dan ditemani oleh pemandangan alam yang menakjubkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading