Sukses

Lifestyle

Pameran Seni Sejauh Mata Memandang di ARTJOG Sadarkan Masyarakat Jika Kepunahan Bisa Diperlambat

Fimela.com, Jakarta Pameran seni rupa ArtJog MMXII resmi dibuka pada 7 Juli 2022 hingga 4 September 2022. Pameran seni rupa yang digelar di Jogja Nasional Museum (JNM) ini bertemakan inklusifitas.

Memamerkan sebanyak 300 karya seni, salah satunya Sejauh Mata Memandang merupakan brand fashion yang berkomitmen untuk lebih bertanggungjawab.

Untuk pertama kalinya, Sejauh Mata Memandang  menghadirkan instalasi bertajuk “Kisah Punah Kita” di gelaran ArtJog. Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang menjelaskan  “Kisah Punah Kita” menjadi pameran keempatbelas yang akhirnya memutuskan untuk terlibat dalam ArtJog tahun ini.

Alasannya keterlibatannya karena tema yang diusung sejalan dengan brandnya ini. Sebab, Sejauh ingin mengajak masyarakat agar semakin sadar akan adanya krisis iklim dan menjadi bagian dari solusi. 

“Dengan semakin banyak masyarakat yang sadar, maka diharapkan banyak tindakan nyata dilakukan dan kepunahan bisa diperlambat,” kata Chitra dalam konfersi pers secara virtual. 

Memanfaatkan area utama ARTJOG 2022, “Kisah Punah Kita” adalah instalasi seni sebagai pengingat betapa dekatnya kita dengan kepunahan, namun hal tersebut sebenarnya masih bisa dicegah dengan melakukan hal-hal nyata. Pengunjung diajak berinteraksi dan berkaca, serta akhirnya sadar bahwa kita adalah juga spesies yang akan punah akibat ulah kita sendiri. 

“Pameran menampilkan tentang realita yang sedang terjadi di bumi, rumah kita saat ini. sebenarnya kita manusia punya pilihan. Kita mau menjadi bagian dari solusi atau kita mau menjadi bagian dari polusi," tambah Chitra Subyakto.

Sejauh Rumah Kita

Tak hanya itu, sebagai kelanjutan dari keterlibatan Sejauh di ARTJOG 2022, dihadirkanlah workshop di rumah asri bertajuk “Sejauh Rumah Kita”  dibuka tiap hari pukul 10.00 sampai dengan 18.00 WIB sebagai tempat untuk belajar dan terbuka untuk masyarakat umum yang telah mendaftar sebelumnya. 

Acara workshop rutin dilakukan setiap hari Sabtu dan dibagi dalam dua sesi, pagi dan sore dengan materi beragam seputar slow living, praktik-praktik sederhana dalam menjaga lingkungan, serta berbagai tips yang akan dibagikan oleh pemateri dari berbagai komunitas di Yogyakarta.

“Tempat di mana konsumen bisa mendapatkan produk-produk Sejauh, dan belajar serta  berinteraksi dengan berbagai komunitas melalui berbagai acara yang rutin diadakan secara terjadwal. Mulai dari bagaimana cara memanfaatkan kain bekas, membuat sabun ramah lingkungan, mengenal macan-macam herbal,” ujarnya.

“Sejauh Rumah Kita” berlokasi di Rumah Simbah Studio, sebuah bangunan yang kental nuansa Jawa dan didirikan pada tahun 1950an yang beralamat di  NG I / 1301 Jl Kp. Ngadiwinatan, Ngampilan, Yogyakarta 55261.

Jadwal acara di Sejauh Rumah Kita dan Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan-kegiatan di ARTJOG dapat diakses melalui laman Instagram @sejauh_mata_memandang atau narahubung yang tersedia.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading